Unik, Tokyo Kini Punya Toilet Umum Transparan di Shibuya

Toilet di Yoyogi Fukamachi Mini Park (Foto: Dok. Tokyo Toilet)

Pelancong tentu sudah tak asing lagi dengan toilet umum di Jepang yang tak cuma bersih dan terawat, namun juga lebih canggih ketimbang toilet umum di beberapa negara lain. Kini, pengalaman ke toilet umum di Jepang akan semakin menarik (dan menyenangkan) dengan keberadaan dua toilet umum warna-warni di Shibuya, Tokyo yang tampak tembus pandang ketika tak digunakan dan berubah buram ketika sedang dipakai.

Toilet di Yoyogi Fukamachi Mini Park (Foto: Dok. Tokyo Toilet)

Dua toilet ini merupakan bagian dari proyek Tokyo Toilet rancangan Shigeru Ban Architects. Telah dibuka sejak akhir Juli 2020, dua toilet ini masing-masing terletak di Haru-no-Ogawa Community Park dan Yoyogi Fukamachi Mini Park. Memiliki tiga bilik, toilet yang pertama disebut berwarna biru dan hijau, sementara yang satu lagi berwarna oranye, merah,dan ungu. Keduanya memiliki fitur yang sama, yakni dilengkapi kursi bayi, serta ramah untuk penyandang disabilitas.

Toilet di Haru-no-Ogawa Community Park (Foto: Dok. Tokyo Toilet)

Karena tampilannya yang transparan saat tak digunakan, toilet ini pun tampak menyatu dengan lanskap pepohonan di sekitarnya. Saat matahari tenggelam, lampu toilet yang menyala terang akan memberikan penerangan yang unik untuk taman tempat toilet tersebut berada. Seperti yang disebutkan sebelumnya, tak perlu khawatir saat ingin menggunakan toilet ini. Dinding toiletnya yang berupa kaca khusus akan berubah buram begitu kunci diputar, sehingga memberikan privasi untuk penggunanya.

Toilet di Ebisu Park (Foto: Dok. Tokyo Toilet)

Total ada 17 toilet umum di Shibuya yang akan didesain ulang untuk proyek Tokyo Toilet. Selain dua toilet di atas, ada tiga toilet lain yang telah dibuka di Higashi Sanchome, Ebisu Park, dan Ebisu East Park. Namun, desainnya berbeda-beda.

Toilet di Higashi Sanchome (Foto: Dok. Tokyo Toilet)

Toilet di Higashi Sanchome terinspirasi oleh origata, cara membungkus kado secara tradisional, dengan warna dinding merah menyala; toilet di Ebisu Park berupa dinding beton yang terinspirasi oleh kawaya atau gubuk-gubuk berdesain primitif yang menjadi asal mula toilet di Jepang; sementara toilet di Ebisu East Park memiliki dinding-dinding semi-transparan dengan dominasi warna putih. Belasan toilet lainnya nanti juga akan didesain ulang dengan rancangan yang unik.

Toilet di Ebisu East Park (Foto: Dok. Tokyo Toilet)

“Jepang terkenal sebagai salah satu negara terbersih di dunia. Bahkan toilet umum di sini memiliki standar kebersihan yang lebih tinggi daripada toilet umum di banyak tempat lain di dunia. Namun toilet umum di Jepang jarang digunakan karena adanya stereotip bahwa toilet adalah tempat yang gelap, kotor, bau, dan menakutkan.”

Toilet di Yoyogi Fukamachi Mini Park (Foto: Dok. Tokyo Toilet )

“Untuk menghilangkan kesalahpahaman tentang toilet umum ini, Nippon Foundation telah memutuskan untuk merenovasi toilet umum di Shibuya serta melakukan perawatan secara rutin dan berkelanjutan agar orang-orang merasa nyaman menggunakan toilet umum ini,” kata Nippon Foundation.

Peta lokasi toilet-toilet umum ini kini sudah tersedia di situs resmi Tokyo Toilet.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here