Bingung Mengisi Liburan Anak Selama #DiRumahAja? Coba Program Seru Ini

"Roméo et Juliette" (Ken Howard/Metropolitan Opera)

Bingung mengisi liburan sekolah yang masih berlangsung hingga Juli nanti? Jangan khawatir, Metropolitan Opera sudah membuat program lengkap kamp musim panas untuk menemani hari-hari si kecil. Menariknya lagi, semua program ini tersedia secara daring tanpa pungutan biaya apa pun. 

Dinamai Met Opera Global Summer Camp, program yang dirancang untuk melibatkan dan mendukung kreativitas siswa di seluruh dunia ini berlangsung selama delapan minggu, yakni mulai 15 Juni hingga 7 Agustus. Anak-anak usia 7 hingga 18 tahun dapat mengikuti program kamp musim panas virtual ini sesuai kelompoknya, yakni untuk kelompok anak kelas 3 hingga 6, serta kelompok anak kelas 7 hingga 12. Mereka akan mendapat kesempatan untuk belajar langsung dari penulis, seniman, musisi, dan bahkan dalang boneka.

“Hansel and Gretel” (Ken Howard/Metropolitan Opera)

Dalam satu minggu, ada lima kelas yang dapat diikuti. Setiap kelas akan dipimpin oleh guru-guru berpengalaman yang akan membimbing anak-anak dalam melakukan berbagai aktivitas. Ada kegiatan membuat boneka, menulis lagu, dan banyak lagi, yang semuanya dilakukan melalui aplikasi Zoom dan Google Classroom.

Di akhir minggu, Met Opera akan menampilkan salah satu pertunjukan operanya dari koleksi digitalnya. Setiap pelajaran yang diberikan dalam satu minggu akan berhubungan dengan opera pilihan yang ditampilkan. Dengan cara ini, anak-anak akan dapat lebih mudah memahami pertunjukan yang ditampilkan dan pesan yang hendak disampaikannya.  

Pertunjukan opera yang akan ditampilkan dan menjadi fokus pelajaran setiap minggunya adalah Hansel and Gretel karya Humperdinck, Don Pasquale karya Donizetti, Rusalka karya Dvořák, dan Roméo et Juliette karya Gounod. Selain itu, ada pula The Magic Flute karya Mozart, The Merry Widow karya Lehár, La Fille du Régiment karya Donizetti, serta Così fan tutte karya Mozart. Anak-anak dapat memilih beberapa opera yang ingin dipelajari, atau bahkan memilih semuanya sekaligus. Selain itu, si kecil juga akan mendapatkan lencana digital untuk setiap minggu yang diselesaikannya.

Untuk pendaftaran, kunjungi situs metopera.org/discover/education/global-summer-camp/home/. Selamat bersenang-senang! 

Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here