Pertunjukan Kunang-kunang di Great Smoky Mountains Bisa Dinikmati #DiRumahAja

Seperti tahun-tahun sebelumnya, kunang-kunang di Taman Nasional Great Smoky Mountains akan mempersembahkan tarian kawin yang menakjubkan. Hanya saja, tahun ini tidak ada penonton yang menghadirinya secara langsung. Sebagai gantinya, pertunjukan kunang-kunang di Great Smoky Mountains ditampilkan secara virtual.

Pertunjukan cahaya ini didominasi oleh kunang-kunang jenis synchronous (Photinus carolinus). Taman Nasional Great Smoky Mountains sendiri merupakan rumah bagi populasi terbesar kunang-kunang jenis synchronous di bumi belahan barat, menjadikannya lokasi yang sempurna untuk melihat keajaiban alam ini. Selain itu, ada pula kunang-kunang blue ghosts (Phausis reticulata) dan berbagai jenis lainnya yang turut meramaikan suasana.

Penampilan kunang-kunang di Taman Nasional Great Smoky Mountain hanya berlangsung selama dua minggu di akhir musim semi atau awal musim panas. Kunang-kunang jantan akan menari sambil memamerkan cahaya mereka untuk mengesankan lawan jenisnya. Di malam yang gelap, cahaya dari ribuan kunang-kunang ini tampak seperti taburan bintang. Ditambah dengan suara kumbang yang juga hidup di area ini, pertunjukan yang disajikan alam ini semakin spektakuler. 

Perlu keberuntungan yang cukup besar untuk dapat melihat pertunjukan kunang-kunang di Great Smoky Mountains secara langsung karena jumlah permintaan tiket selalu melebihi kapasitas yang tersedia. Taman nasional ini sampai harus memberlakukan sistem undian untuk mengatur jumlah kunjungan. Untungnya tahun ini semua orang dapat menontonnya secara daring lewat acara Virtual Fireflies persembahan Discover Life in America (DLiA) yang bekerja sama dengan fotografer kunang-kunang Radim Schreiber. Telah tayang pukul 07:00 WIB hari ini, Anda tetap dapat menonton siaran ulangnya secara gratis melalui channel Youtube Discover Life in America.

Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here