Pemerintah Sisilia Siap Traktir Wisatawan Begitu Pandemi Corona Berakhir

Mau berlibur ke mana setelah pandemi corona berakhir? Bila belum memutuskan, Sisilia mungkin bisa menjadi pilihan Anda. Pulau di selatan Italia ini telah mengumumkan akan memberikan diskon dan tawaran menarik bagi wisatawan. Tidak main-main, pemerintah Sisilia akan menanggung setengah biaya tiket pesawat dan satu per tiga biaya menginap hotel. Tak hanya itu saja, mereka juga akan menggratiskan tiket masuk ke berbagai museum dan situs bersejarah.

Hanya tiga kilometer jauhnya dari daratan Italia, Sisilia yang terkenal akan keindahan alamnya ini menawarkan suasana yang sangat berbeda. Ada berbagai budaya yang menyatu di tempat ini, yang terlihat jelas dari peninggalan-peninggalannya. Mulai dari kuil-kuil kuno Yunani, jalanan khas Arab, katedral berarsitektur Norman, hingga istana bergaya barok Spanyol. Beberapa tempat yang wajib dikunjungi ketika berlibur ke Sisilia adalah:

  1. Gunung Etna

Dengan ketinggiannya yang mencapai 3.000 meter, Gunung Etna merupakan salah satu gunung berapi paling aktif. Letusannya banyak terjadi di puncak sehingga tingginya terus bertambah dan berkurang dengan setiap letusan. Meski masih aktif, gunung ini banyak didatangi wisatawan untuk berpetualang. Di musim panas, wisatawan biasa naik ke atas gunung melalui titik populer Rifugio Sapienza. Sementara di musim dingin, Gunung Etna menjadi tempat berseluncur es yang seru dengan berbagai trek dan rintangan.

  1. Syracuse (Sirakusa)

Bagi penyuka sejarah dan bangunan kuno, Sirakusa harus masuk dalam daftar kunjungan. Kota tua ini penuh dengan bangunan-bangunan cantik yang akan membawa Anda ke masa lalu. Salah satu bagian yang paling tua adalah di daerah Ortigia yang penuh dengan gereja kuno, kuil-kuil bersejarah, dan berbagai situs arkeologi.

  1. Kepulauan Aeolian

Kepulauan ini terletak di sebelah utara Sisilia. Ada tujuh pulau yang membentuk kepulauan indah ini. Biasanya, wisatawan datang ke sini untuk menikmati resor mewah sambil jalan-jalan di permukiman yang memesona. Dengan banyaknya kawah di sekitar pulau, kegiatan berendam di lumpur panas pun cukup populer dilakukan di kepulauan ini.

  1. Taormina

Taormina terletak di tebing dekat Gunung Etna, di bagian selatan Sisilia. Kota ini memiliki beberapa pantai indah yang mengarah ke Laut Ionia. Uniknya, pantai-pantai ini hanya bisa diakses dengan gondola karena berada di tempat yang cukup terpencil. Perjalanan dengan gondola membuat liburan di pantai Taormina semakin menyenangkan.

Selain pantainya, Taormina juga terkenal akan Teatro Antico di Taormina. Amfiteater ini memiliki gaya bangunan khas Romawi, tetapi tata letaknya menunjukkan gedung ini dibangun di atas teater khas Yunani. Saat ini, kursi-kursi di dalamnya memang sudah diganti dengan kursi baru. Namun bangunan khas abad keduanya masih dapat dinikmati dengan cukup jelas.

Setelah mengetahui tempat-tempat indah dan menakjubkan di Sisilia, Anda pasti tertarik untuk datang. Jadi, bagaimana cara memanfaatkan penawaran diskon liburan ini? Untuk saat ini, penawaran yang diberikan oleh pemerintah Sisilia belum memiliki detail yang jelas, baik soal waktu berlaku, untuk siapa saja, dan dari negara mana saja potongan tiket pesawat ini akan diberikan. Namun, penawaran ini tampaknya akan diberikan lewat voucher yang bisa diakses melalui situs visitsicily.info/en/segesta-and-selinunte/. Anda mungkin ingin menyimpan laman ini bila tertarik berlibur murah ke Sisilia.

Untuk mendanai program wisata besar ini, pemerintah setempat telah menyiapkan 50 juta euro atau setara 830 miliar rupiah. Melalui cara ini, pemerintah Sisilia berharap dapat mendatangkan banyak turis sehingga roda pariwisata bisa berputar kembali. Sisilia diperkirakan telah kehilangan 50 miliar euro di sektor wisata sejak pandemi corona memaksa kota-kota di Italia tutup. Padahal, sektor wisata berperan besar terhadap pendapatan negara.

Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here