Singapura Buat Sertifikasi Kebersihan untuk Hotel dan Objek Wisata

Saat pandemi corona berakhir, kebersihan akan menjadi pertimbangan utama turis dalam memilih destinasi wisata. Menanggapi hal ini, Singapura telah membuat seritifkasi kebersihan khusus yang diberi nama SG Clean. Sertifikat ini ditujukan untuk hotel, tempat wisata, dan bisnis retail sebagai standar kebersihan untuk meyakinkan turis kembali berkunjung.

Dengan SG Clean, Singapura hendak menyampaikan pesan bahwa industri pariwisata negara tersebut sangat serius dalam menangani masalah kebersihan. Sertifikat ini juga akan terus dipertahankan sebagai standar kebersihan normal yang baru. Dewan Pariwisata Singapura berharap turis lokal dan asing dapat berkunjung kembali ke Singapura tanpa takut akan masalah kebersihan. Dukungan turis ini terutama penting untuk kelangsungan industri dan pekerja wisata setelah menghadapi masa-masa sulit.

Untuk mendapatkan setifikat SG Clean, para pelaku bisnis wisata harus memenuhi tujuh syarat yang disesuaikan dengan persyaratan dan operasional di berbagai sektor. Syarat-syarat ini mencakup penunjukan manajer SG Clean untuk mengawasi praktik kebersihan perusahaan, meningkatkan frekuensi desinfeksi untuk semua fasilitas umum, mengecek suhu badan dan kesehatan pekerja, dan memastikan pekerja mematuhi kebersihan pribadi yang baik. Dewan Pariwisata Singapura menunjuk organisasi independen untuk menilai dan memastikan pelaku usaha terus mempertahankan praktik kebersihan ini. Bisnis yang dinilai telah memenuhi seluruh kriteria akan diberikan tanda SG Clean.

Dalam beberapa bulan ke depan, Singapura berharap dapat mendorong 37.000 lebih usaha di sektor pariwisata dan gaya hidup untuk mengikuti sertifikasi SG Clean. Proses penilaian dan sertifikasi ini diberikan secara gratis oleh pemerintah. Untuk saat ini, sertifikasi difokuskan pada tempat-tempat yang ramai dikunjungi, seperti pusat perbelanjaan, hotel, destinasi wisata populer, tempat konferensi, moda transportasi, dan sebagainya.

Beberapa yang telah memiliki sertifikat SG Clean adalah pusat perbelanjaan di Orchard Road, termasuk Plaza Singapura dan ION Orchard. Grand Hyatt Singapore juga menjadi salah satu hotel pertama yang mendapat sertifikat ini. Dua hotel lainnya di luar Orchard Road yang juga telah terverifikasi adalah Village Hotel Sentosa dan Shangri-La’s Rasa Sentosa Resort & Spa. Didukung Singapore Food Agency, SG Clean juga menyasar hawker centres dan kedai-kedai kopi untuk memastikan kebersihan dan kualitas makanan yang disajikannya.

Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here