Banyak Negara Terapkan Lockdown, AirAsia Tawarkan Pilihan Kompensasi

Dalam usaha menekan penyebaran virus corona, beberapa negara telah memberlakukan pembatasan perjalanan. Karena itu, AirAsia menawarkan pilihan kompensasi bagi penumpang yang terdampak oleh kebijakan tersebut. Kompensasi tersebut mencakup pembatalan penerbangan maupun pembatalan sukarela ke destinasi tertentu akibat wabah virus corona.

Kompensasi yang ditawarkan AirAsia berupa pengubahan jadwal atau akun kredit kepada calon penumpang yang telah memiliki tiket penerbangan internasional dari atau ke Malaysia (pemesanan sebelum 16 Maret dengan tanggal keberangkatan hingga 30 April 2020), dan ke Singapura serta Australia (pemesanan sebelum 7 Maret dengan tanggal keberangkatan hingga 30 April 2020).

Sementara penumpang dengan tiket penerbangan internasional dari atau ke Tiongkok, Hong Kong, Macao, Taiwan, Jepang, dan Korea (pemesanan sebelum 7 Maret dengan tanggal keberangkatan hingga 30 April 2020) juga dapat mengajukan pembatalah sukarela. Kompensasi yang diberikan sama, yakni berupa pengubahan jadwal atau akun kredit.

Untuk kompensasi ubah jadwal (move flight), penumpang memiliki satu kali kesempatan untuk mengubah jadwal penerbangan ke tanggal lain dalam kurun waktu 180 hari dari jadwal penerbangan awal. Pengubahan jadwal ini tidak dipungut biaya tambahan apa pun tetapi tergantung pada ketersediaan kursi.

Sementara kompensasi berupa akun kredit (credit account), penumpang bisa mendapatkan deposit senilai pemesanan untuk pembelian tiket AirAsia berikutnya ke mana saja dengan masa berlaku 365 hari sejak diterbitkan. Jadwal keberangkatan tidak terbatas selama pemesanan dilakukan sebelum masa berlaku habis.

Pengajuan kompensasi dapat dilakukan melalui layanan AirAsia Virtual Allstar (AVA) yang dapat diakses dari situs AirAsia.com dengan memilih COVID-19 pada menu AVA. Selanjutnya, pilih penerbangan yang dibatalkan, lalu klik move flight atau credit account untuk memilih jenis kompensasi yang diinginkan. Penumpang dapat mengikuti arahan AVA selanjutnya untuk mendapatkan kompensasi. Sebagai catatan, penawaran kompensasi ini hanya berlaku untuk pemesanan melalui situs AirAsia.com.

Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here