April Mendatang, Krui Siap Gelar Kompetisi Selancar Dunia

Peselancar dunia akan kembali meramaikan ibu kota Kabupaten Pesisir Barat dalam World Surf League (WSL) Krui Pro Qualifying Series (QS) 2020. Kompetisi kelas dunia ini akan diadakan di Pantai Tanjung Setia, tepatnya di titik selancar Ujung Bocur. WSL Krui Pro QS 2020 sendiri telah tercatat dalam 100 Calendar of Events Kemenpar. Diperkirakan, ratusan wisatawan asing dan domestik akan memenuhi acara besar yang digelar mulai 15 hingga 20 April 2020 ini.

Sejak diadakan pertama kali di tahun 2016, WSL Krui Pro QS telah menyita perhatian wisatawan mancanegara. Acara ini juga telah menaikkan pamor Pantai Tanjung Setia secara umum sebagai surga bagi para pecinta selancar. Ada banyak titik yang dapat dieksplorasi oleh peselancar profesional maupun pemula di sini.

Ujung Bocur di Pantai Tanjung Setia memiliki karakter ombak lengkap, mulai dari Grade A untuk profesional hingga Grade C untuk pemula. Opsi lainnya, peselancar dapat mengunjungi sejumlah lokasi selancar lainnya, termasuk Jenny’s (Pugung Tampak), Honey Smack (Pugung Walur), Krui Left (Labuhan Jukung), Sumatera Pipeline (Way Jambu), dan Jimmy’s (Pugung Penengahan). Yang terakhir disebut ini merupakan salah satu yang paling difavoritkan peselancar profesional karena ketinggian ombaknya bisa mencapai 6,9 meter.

Tahun ini, WSL Krui Pro QS direncanakan akan mengalami peningkatan kelas dari QS 3000 ke QS 6000 untuk sektor pria dan dari QS 1000 ke QS 1500 untuk sektor wanita. Peningkatan kelas ini membuat kompetisi makin bergengsi dengan lebih besarnya hadiah uang dan poin kualifikasi yang dapat direbut. Jumlah peserta dan pengunjung pun diperkirakan akan mengalami peningkatan yang signifikan.

Selain menikmati kompetisi selancar yang luar biasa, wisatawan juga akan disuguhi pemandangan eksotis air laut di Ujung Bocur. Air laut ini akan nampak berwarna cokelat kemerahan di siang hari, lalu menyala biru di malam hari. Fenomena ini disebabkan oleh  fitoplankton yang mengeluarkan bioluminescence ketika mekar. Pemandangan yang tidak biasa ini tentu akan menjadi objek foto yang menarik bagi para wisatawan.

Akses menuju Krui pun kini semakin mudah. Dari Jakarta, wisatawan dapat menggunakan penerbangan Lion Air ke Bandar Lampung, kemudian dilanjutkan dengan menggunakan Wings Air dari Bandar Lampung menuju Krui.

Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here