Qatar Airways Perkenalkan Menu Makanan Kelas Ekonomi Baru

Mulai tahun ini, penumpang pesawat kelas ekonomi Qatar Airways dari dan ke Indonesia dapat menikmati sajian makanan premium terbaru. Menu baru yang diberi nama Quisine ini menyajikan porsi makan yang lebih besar dilengkapi dengan bahan-bahan segar dan cita rasa khas Indonesia. Menu yang terdiri atas hot breakfast dan lunch/dinner ini juga selalu diperbaharui setiap tiga bulan sehingga penumpang selalu memiliki pilhan baru ketika terbang bersama Qatar Airways.

Untuk menu sarapan atau hot breakfast, penumpang memiliki pilihan menu makanan berupa telur, nasi goreng, atau waffle/pancake. Dalam satu periode, penumpang dapat memilih menu omelet krim jagung manis dengan parsley, nasi goreng ayam, atau pancake cokelat pahit dengan saus cokelat putih. Di periode lain, menu yang dapat dipilih berupa frittata (sejenis omelet) isi capsicum dengan daun bawah dan kentang, nasi goreng udang, dan waffle kayu manis dengan isian pai ceri dan saus vanili. Setiap pilihan menu sarapan juga dilengkapi dengan buah potong dan segelas yoghurt.

Menu lunch/dinner Qatar Airways

Sementara untuk menu lunch/dinner, Qatar Airways benar-benar mengedepankan cita rasa Indonesia-nya. Pengembangan menu bercita rasa lokal ini dibuat untuk memperkenalkan masakan Indonesia kepada dunia. Culinary Development Manager Qatar Airways Decha Mingkwan juga menyebutkan bahwa keberadaan tenaga ahli yang sudah tak asing dengan cita rasa Indonesia akan membuat masakan-masakan ini terjamin rasa dan kualitasnya.

Untuk menu makan utama, penumpang disuguhkan dengan pilihan masakan ayam, sapi, dan mi goreng. Sama seperti menu sarapan, menu makan utama juga terus mengalami pembaharuan dalam setiap periodenya. Pada periode pertama, pilihan menu yang disajikan berupa ayam bakar dengan bumbu kecap manis dilengkapi nasi dan bawang goreng,daging sapi rebus dengan saus krim mustard dilengkapi kentang tumis dan sayuran, serta mi goreng dengan variasi sayur. Untuk melengkapi menu makan utama ini, Qatar Airways juga menyajikan berbagai pilihan salad dan hidangan penutup berupa puding atau mousse. Para penumpang juga bisa menikmati roti hangat dengan kandungan minyak zaitun yang dibungkus dalam plastik-plastik tahan panas khusus.

Kotak makan anak

Tidak ketinggalan, Qatar Airways juga menyediakan menu makan khusus anak lengkap dengan kotak bekal yang lucu dan mainan di dalamnya. Menu makan anak ini merupakan gabungan dari berbagai makanan favorit anak-anak dari seluruh dunia. Anak-anak dapat menikmati menu berupa chicken nugget, macaroni schotel, serta tumis wortel, labu, dan zucchini. Ada juga pilihan menu spageti dengan saus tomat, ayam katsu, dan sayur brokoli. Untuk hidangan penutup, menu anak ini dilengkapi dengan puding cokelat lezat. Bagi orangtua yang ingin memesan menu untuk si kecil, cukup melakukan pemesanan terlebih dahulu beberapa hari sebelum terbang bersama Qatar Airways.

Selain menu hidangan utama yang diklaim lebih besar 20 hingga 50 persen dari sebelumnya, Qatar Airways juga menyediakan pilihan kudapan yang lebih beragam. Kudapan berupa berondong jagung, cokelat, keripik kentang, keju, dan sebagainya dapat penumpang pesan dalam penerbangan ini. Termasuk dalam pilihan kudapan ini adalah cokelat Godiva yang tadinya hanya disajikan di Kelas Bisnis dan Kelas Satu. Untuk penerbangan jarak jauh seperti Indonesia – Qatar dan sebaliknya, penumpang juga dapat memesan minuman pre-meal dengan pilihan sparkling wine dan berbagai koktail. Setiap penumpang juga akan mendapatkan kartu menu dengan desain baru berisi waktu layanan makanan sehingga penumpang dapat merencanakan perjalanan dan waktu makan mereka.

Dalam usaha meningkatkan kelestarian lingkungan, Qatar Airways telah mengurangi penggunaan plastik sekali pakai seiring dengan peluncuran Quisine. Saat ini, produk daur ulang dan terurai yang digunakan sudah mencapai 80 persen. Qatar Airways juga telah menggunakan peralatan makan dari besi dalam penyajian tiap-tiap hidangannya untuk mengurangi produksi sampah plastik.

Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here