Tip Memotret Pantai-Pantai Indonesia

Tinggal di Indonesia yang merupakan kepulauan, sulit untuk tidak menjadwalkan acara ke pantai di saat liburan. Bagi yang ingin membawa pulang foto-foto pantai terbaik ketika liburan, lakukan beberapa langkah berikut.

1. Untuk memotret lanskap pantai, waktu terbaik adalah antara pukul 05:00 hingga 08:00 atau 16:00 hingga 19:00.

2. Bawa filter circular polariser (CPL) untuk menghilangkan pantulan matahari di air laut, selain untuk memperbaiki warna langit kalau cuaca kurang cerah.

3. Matikan flash dan gunakan mode ”Sunset” untuk kamera saku jika ingin membuat foto siluet aktivitas di pantai. Untuk DSLR, gunakan mode ”Manual” dan ukur pajanan (exposure) di area terang di belakang objek.

4. Ukuran megapiksel bukan fitur terpenting dari sebuah kamera; tapi ukuran sensorlah yang perlu dipertimbangkan.

5. Baca buku manual kamera untuk memaksimalkan penggunaan fitur yang ada.

6. Sebelum memotret, periksa kembali setting kamera. Misalnya, ISO rendah untuk memotret lanskap pantai di pagi dan sore hari dan ISO tinggi untuk memotret sunset atau sunrise (jika tidak menggunakan tripod).

7. Gunakan setting ISO serendah mungkin. Meski ada fitur noise reduction, namun ISO tinggi tetap akan mengurangi detail foto secara keseluruhan.

8. Format memory card hanya di kamera, jangan di komputer. Sebelum memformat, pindahkan foto ke media lain, seperti DVD atau external hardisk.

9. Pilih file RAW untuk kualitas foto yang lebih baik daripada JPEG.

10. Cara paling cepat meningkatkan kemampuan fotografi adalah dengan terus memotret.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here