Pertama Kali ke Filipina? Ke Sini Yuk!

Merupakan negara kepulauan dengan lebih dari 7.000 pulau yang tersebar di 81 provinsi, menentukan rute untuk berkunjung ke Filipina tidaklah mudah. Bagi yang baru pertama berkunjung, banyak yang menyarankan ke sejumlah tempat ternama berikut.

  • Cordillera

Kawasan pegunungan Filipina tak kalah memukau, seperti yang ada di Cordillera dengan puncak-puncak gunung yang menantang untuk didaki, air terjun tersembunyi untuk ditemukan, gua-gua di Sagada yang misterius untuk dijelajahi, dan tentu saja, teras-teras sawah di Banaue yang mengingatkan akan Ubud.

  • Pampanga

Merupakan pusat kuliner Filipina, pecinta makanan dapat puas mencicipi beragam hidangan maupun jajajan khas, terutama Sisig yang berasal dari sini. Kaya akan sejarah dan budaya, Pampanga memiliki gereja-gereja yang menyimpan artefak religius, selain sejumlah theme park penuh petualangan.

  • Vigan

Berada di kota ini, siapa pun akan bagai terlempar ke ratusan tahun lalu, ketika Filipina masih menjadi koloni Spanyol. Jalan-jalan berbatu yang terpelihara baik dan berbagai bangunan bersejarah di sini pun menebarkan suasana yang lebih mirip di Eropa ketimbang di Asia. Tak hanya itu, pantai-pantainya pun tak kalah memukau.

  • Iloilo

Dijuluki Kota Cinta karena merupakan kota paling layak huni di Filipina, warga yang ramah membuat penjelajahan di kota ini semakin menyenangkan. Di sini terdapat sejumlah bangunan bersejarah, termasuk Gereja Miagao yang merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO dan Calle Real yang merupakan kompleks bangunan kolonial.

  • Boracay

Merupakan kawasan pantai paling terkenal di Filipina, ke sinilah biasanya para turis mancanegara bertolak. Menawarkan beragam olahraga air di siang hari dan bar-bar gempita di malam hari, berada di sini tidak seperti berada di Filipina karena suasananya yang multikultur. Disarankan untuk berkunjung ke sini di musim sepi turis, yaitu antara Maret hingga Mei.

  • Palawan

Banyak yang menyarankan, bila sulit menentukan kawasan pantai yang ingin dikunjungi di Filipina, pilihlah Palawan karena pantai-pantainya unik dihiasi tebing dan karst yang menyembul di permukan air, sehingga mengingatkan akan Raja Ampat. Pantai-pantai Palawan lebih pun sepi pengunjung – setidaknya tak pernah seramai Boracay – sehingga menyediakan tempat berlibur yang berkesan bagi mereka yang kurang menyukai keramaian.

  • Cebu

Cebu memiliki semuanya, mulai dari atraksi island hopping, bangunan bersejarah, situs budaya, hingga kawasan Metro Cebu yang gemerlap. Kota yang nyaris tak pernah tidur ini berpadu dengan pantai-pantai sepi, air terjun indah, hingga suaka burung di Sta Rosa. Kontras antara modernitas dan tradisi turun-temurun, ditambah keragaman budaya yang tumpah-ruah, festival unik pun kerap digelar di sini.

Teks: Melinda Yuliani

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here