Sambut Olimpiade 2020, Alibaba Luncurkan Galeri Seni Digital di Bandara Narita

Menyambut ajang Olimpiade Tokyo 2020, Alibaba Group sebagai mitra global resmi Olimpiade meluncurkan galeri seni digital Alibaba Cloud Gallery di Bandara Internasional Narita untuk memberikan kesan pertama yang mendalam dan memperkaya pengalaman di Olimpiade bagi para pengunjung sejak pertama kali menginjakkan kaki di Tokyo, Jepang, melalui salah satu bandara tersibuk di dunia itu.

Berkolaborasi dengan Bandara Narita dan sejumlah seniman muda terkemuka di Jepang, Alibaba Cloud Gallery akan memamerkan kreasi seni di layar-layar digital pada jalur pejalan kaki di Terminal 1 dan 2 area kedatangan Bandara Internasional Narita mulai Maret 2020 hingga akhir Maret 2021.

Di galeri ini, para pengunjung dapat melihat beragam karya kreatif yang merupakan perpaduan apik antara seni, budaya dan sejarah Jepang, dengan olahraga dan teknologi komputasi awan. Sementara bagi para seniman di Jepang, galeri ini merupakan wadah untuk menunjukkan kreativitas, passion tentang kearifan lokal, dan ekspresi diri, melalui karya seni digital.

Kehadiran Alibaba Cloud Gallery diumumkan dalam konferensi pers di Tokyo pekan lalu, 16 Januari 2020, yang dihadiri Masaaki Komiya, Vice Director General Tokyo Organizing Committee of the Olympic and Paralympic Games; Chris Tung, Chief Marketing Officer Alibaba Group; serta Noriko Kinouchi dan Shoichi Okumura, dua dari sejumlah seniman Jepang yang digandeng Alibaba untuk menghadirkan karya seni mereka.

Noriko Kinouchi yang memiliki ciri khas menggunakan teknik-teknik cetak tradisional ala Jepang dalam wujud kriya seni digital untuk melukiskan kelembutan alam, budaya, dan masa depan Jepang, baik dari sisi ilmu pengetahuan maupun teknologi, akan memamerkan karyanya, “The Sound of The Ocean” dan “Butterflies” di Alibaba Cloud Gallery. Sementara Shoichi Okumura yang terkenal dengan karya seni lukisan di atas batu khas Jepang dengan sentuhan modern dan bertema kaum muda pada tiap karyanya, akan memamerkan karyanya yang berjudul “Sailing Across the Sea”.

“Alibaba Group selalu berkomitmen untuk menghadirkan panggung yang lebih besar dan masa depan yang lebih cerah bagi generasi muda – yang penuh semangat berwirausaha dan kreativitas – dengan menggunakan teknologi. Alibaba Cloud Gallery adalah kombinasi sempurna untuk mewujudkan visi ini dengan semangat Olimpiade,” ujar Chris Tung, Chief Marketing Officer Alibaba Group.

“Alibaba Cloud Gallery di Bandara Narita adalah inisiatif pertama dari berbagai upaya kami untuk meningkatkan pengalaman para penonton dari seluruh dunia yang datang untuk menyaksikan Olimpiade Tokyo. Ini juga menandakan tahun ketiga kami sebagai mitra global resmi Olimpiade. Kami sangat bangga bisa bekerja sama dengan organisasi profesional seperti Tokyo 2020 Organizing Committee untuk mentransformasi Olimpiade Tokyo 2020 sebagai ajang yang didukung teknologi canggih, sambil tetap mempertahankan inti dari semangat Olimpiade.”

“Kami berterima kasih atas dukungan Alibaba Group bagi Olimpiade Tokyo 2020. Sebagai anggota program sponsorship global The Olympic Partner (TOP), Alibaba Group berkomitmen untuk menghadirkan inovasi digital di Olimpiade Tokyo 2020. Dengan teknologi terkini dari Alibaba Cloud, Alibaba Could Gallery akan menjadi platform unjuk kreativitas para seniman muda Jepang. Para turis dari seluruh dunia akan merasakan pesona budaya Jepang, inspirasi dari para seniman, dan atmosfer Olimpiade Tokyo 2020 sejak menginjakkan kaki mereka di Bandara Narita. Kami menantikan lebih banyak insiatif inovatif Alibaba Group yang memadukan elemen-elemen Jepang dan menghadirkan pengalaman Olimpiade paling seru dan berkesan,” kata Masaaki Komiya, Vice Director General of the Tokyo Organising Committee of the Olympic and Paralympic Games, dalam sambutannya di konferensi pers.

Selang beberapa hari sebelumnya, Alibaba Group juga meluncurkan logo baru kemitraannya dengan IOC. Logo ini sejalan dengan fokus Alibaba untuk menggunakan teknologi dalam mendukung generasi muda dan menjadikan Olimpiade lebih relevan dan menarik bagi generasi baru.

Pada  2017, Alibaba mengumumkan kerja sama selama 12 tahun sebagai Olympic Worldwide Partner, dan tahun 2020 adalah tahun ketiga kemitraannya di ajang olahraga terbesar ini. Sebelumnya, Alibaba mengumumkan dukungan teknologi komputasi awan untuk “Make The Beat!”, sebuah proyek dari Komite Penyelenggara Olimpiade Tokyo 2020 untuk memadukan suara, teknologi dan media sosial untuk memungkinkan para fans di dunia mendukung para tim dan atlet favoritnya.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here