Ketika Kematian Bagian dari Kehidupan

Dalam perayaan Dia de Los Muertos (Day of the Dead), kenangan akan keluarga dan kerabat yang telah meninggal dunia dirayakan agar mereka tidak terlupakan di alam baka, karena biar bagaimana pun, kematian bagian dari kehidupan dan kematian berarti awal dari kehidupan baru di dunia yang berbeda. Festival dimulai pada 31 Oktober (atau 1 November pukul 00:00) hingga 2 November di seluruh Meksiko, namun yang paling meriah adalah di Oaxaca.

Perayaan Día de los Muertos semakin populer sejak film animasi Disney-Pixar terbaru “Coco”, mengangkatnya menjadi latar kisah menarik tersebut. Di hari-hari ini masyarakat sibuk menyiapkan altar keluarga dan kerabat yang telah meninggal secantik mungkin. Menjelang perayaan ini, pasar-pasar jadi lebih meriah dengan pedagang yang menjajakan barang-barang keperluan untuk membuat altar maupun untuk dibawa melayat ke makam keluarga, seperti cokelat, tamale, dan saus mole. Kunjungi pasar Central de Abastos yang merupakan tempat terbaik untuk menyaksikan kesibukan warga setempat dalam membeli keperluan festival terpenting di Oaxaca tersebut. Selain melihat peserta yang berkostum hantu dengan warna mencolok, pengunjung juga dapat melihat proses pemindahan tulang-belulang dari pemakaman untuk kemudian dibersihkan dan diganti kainnya, sementara anak-anak bertugas menghias kuburan keluarga dengan lilin dan bunga gemitir yang berwarna kuning menyala.

Day of the Dead awalnya berasal dari tradisi kuno kebudayaan pra-Kolumbia (kebudayaan suku-suku asli di benua Amerika sebelum terpengaruh budaya Eropa) yang sudah ada sejak 2.500 hingga 3.000 tahun lalu. Walau sebelumnya digelar untuk memuja dewi Mictecacihuatl yang berjuluk Lady of the Dead, setelah akhir abad 20, festival ini kemudian dirayakan untuk menghormati orang yang sudah meninggal. Tanggal 1 November dikhususkan untuk anak-anak dan bayi sehingga diperingati sebagai Día de los Inocentes (Day of the Innocents) atau Día de los Angelitos (Day of the Little Angels), sementara 2 November dikhususkan untuk mengenang orang dewasa yang telah meninggal.

Akses

ANA (ana.co.jp) melayani penerbangan dari Jakarta ke Mexico City dengan transit di Bandara Internasional Narita, Tokyo.

Akomodasi 

Quinta Real Oaxaca (quintareal.com), Hotel Hacienda Los Laureles Spa (hotelhaciendaloslaureles.com), Hotel Victoria Oaxaca (hotelvictoriaoax.com.mx)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here