Serunya Bermain Kano di Rawa Pantai Cacalan, Banyuwangi

0
4456

Sedang berada di Banyuwangi dan ingin menikmati suasananya dengan cara yang berbeda? Kamu bisa mencoba bermain kano di Pantai Cacalan. Lokasinya di Desa Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, atau sekitar 15 menit berkendara dari pusat kota Banyuwangi.

Meski berada di tepi laut, perairan di lokasi ini relatif tenang dan tidak berombak. Ombak dari laut dihadang oleh rimbunnya pepohonan bakau yang tumbuh subur di area ini. Tak heran bila kemudian area rawa Pantai Cacalan difavoritkan sebagai tempai bermain kano. Sensasi menjelajahi perairan rawa dengan tanaman bakau di sekitarnya akan memberi kesan seperti sedang menyusuri kawasan Hutan Amazon.

Foto: Instagram @awansendja_

Menariknya, tak hanya orang dewasa saja yang bisa menjajal aktivitas ini. Bagi pengunjung yang datang kemari bersama anak-anak, disediakan pula kano khusus yang bisa dinaiki berdua dengan si kecil. Pihak pengelola juga sudah menyiapkan pemandu yang siap memberikan kursus singkat bagi yang belum pernah berkano.

Ditemani embusan angin semilir dan suasana alam yang asri, kamu pun bakal seketika lupa dengan kejenuhan yang menumpuk akibat rutinitas kerja. Selain menenangkan, kamu juga tak perlu khawatir tenggelam. Kawasan perairan rawa hanya memiliki kedalaman sekitar 50 cm saja.

Foto: Instagram @tiffanyovilia

Sebelum disulap menjadi arena bermain kano, kawasan ini hanyalah sebuah tambak milik warga yang terbengkalai. Seiring berjalannya waktu, area tambak berubah menjadi seperti rawa yang tidak terurus. Beberapa warga setempat yang tergabung dalam kelompok warga sadar wisata pun akhirnya berinisiatif untuk memugar area ini.

Setelah semua area bersih, barulah muncul ide untuk menjadikan rawa Pantai Cacalan sebagai area bermain kano. Harapannya tentu saja agar tempat ini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan, baik dari sekitar Banyuwangi maupun luar kota.

Foto: Instagram @novanovitaap

Usai berkano dengan hamparan tanaman bakau di atas rawa seluas kurang lebih satu hektar, jangan buru-buru pulang. Kamu bisa melepas lelah dengan menikmati suasana pantai berpasir hitam dengan pemandangan laut Selat Bali yang indah.

Biaya berkano di Pantai Cacalan adalah Rp10.000 untuk durasi 20 menit. Biaya tersebut belum termasuk biaya parkir Rp2.000 untuk motor dan Rp4.000 untuk mobil. Walau pantainya buka sepanjang hari, waktu terbaik untuk bermain kano adalah antara pukul 07:00 hingga 09:00, serta pukul 15:00 hingga 17:00.

Teks: Dionesia Ika | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here