Cobain Yuk, Joging di Lintasan Lari Lapangan Sempur

0
4502

Joging adalah aktivitas lari santai yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh jika rutin dijalani. Selain dapat meregangkan otot-otot yang kaku setelah beraktivitas, joging juga bisa menyegarkan pikiran.

Tetapi, di musim penghujan ini, mencari lintasan untuk joging yang memadai mungkin bakal menjadi PR yang cukup berat. Biasanya lintasan lari di beberapa taman kota berupa tanah merah berbatu yang akan becek atau tergenang air sehabis hujan, sehingga membuat aktivitas joging kurang menyenangkan.

Sebagai gantinya, kamu dapat mencari lintasan lari yang lebih nyaman, seperti yang ditawarkan Lapangan Sempur, Bogor. Sepanjang 323,1 meter, trek lari di sini menggunakan material karet sintetis yang lebih tahan cuaca, sehingga lebih nyaman untuk dilintasi, bahkan di kala musim hujan. Dari segi keamanan, trek ini juga meminimalkan risiko cedera dan kalau jatuh tidak akan terlalu baret.

Foto: Instagram @jokosan

Selain lintasan lari, Lapangan Sempur juga memiliki fasilitas lain, seperti lapangan basket, skate park, street workout, hingga dinding untuk panjat tebing. Sebelum masa pandemi, Lapangan Sempur juga seringkali menjadi lokasi berkumpulnya beragam komunitas, mulai dari komunitas olahraga, komunitas panjat tebing, komunitas parkour, dan komunitas hobi lainnya.

Bagi para penikmat fotografi, tempat ini juga menyimpan beberapa spot fotogenik, yang terutama indah di malam hari. Sebut saja Lorong Sempur yang menghubungkan jalur pedestrian Kebun Raya Bogor dengan Lapangan Sempur. Saat malam, lampu warna-warni akan menyinari lorong ini.

Foto: Instagram @delviyenty

Menyediakan akses Wi-Fi gratis, ruang terbuka hijau ini dapat diakses oleh semua pengunjung, kecuali untuk kawasan rumput yang berada di tengah lapangan. Pasalnya rerumputan tersebut merupakan rumput asli yang dirawat setiap hari. Jadi untuk menjaga kondisi rumputnya agar tidak mati, kawasan rumput hanya bisa diakses setiap Minggu saja. Sedangkan di hari lain, kawasan tersebut dibatasi menggunakan tali.

Foto: Instagram @dt.noise

Selama masa pandemi, Pemerintah Kota Bogor juga berinovasi membuat lingkaran-lingkaran berdiameter 2,4 meter yang dilukis dengan kapur berwarna putih sebagai titik berkumpul pengunjung Lapangan Sempur. Lingkaran tersebut dibuat berjarak 1,8 meter dengan lingkaran lainnya agar protokol jaga jarak aman dapat tetap dilakukan.

Biasanya, pengunjung datang ke Lapangan Sempur untuk berolahraga antara pukul 06:00 hingga 09:00 dan pukul 16:00 hingga 18:00 ketika cuaca tak terlalu terik. Lapangan Sempur terletak di pusat kota Bogor, tepatnya di samping Kebun Raya Bogor, dan dapat diakses dari Jakarta dengan berkendara selama sekitar satu jam via Tol Jagorawi.

Teks: Dionesia Ika | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here