Capoeira, Seni Bela Diri yang Punya Banyak Manfaat Kesehatan

0
4238

Bosan dengan olahraga yang itu-itu saja? Bila ya, berarti ini saatnya kamu mencoba jenis olahraga baru, seperti capoeira.

Jenis olahraga ini bisa dibilang menyenangkan, selain juga dapat melatih seni bela dirimu. Bisa dibilang, capoeira merupakan jenis latihan tubuh yang kompleks dan unik karena memadukan seni bela diri dengan tarian, gerakan akrobatik, musik, dan ekspresi. Tak heran bila capoeira lebih dikenal sebagai permainan seni ketimbang bentuk latihan bela diri.

Capoeira diciptakan pertama kali oleh para budak Afrika di Brasil pada abad 16, dan belakangan kian diminati karena ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Selain bisa membantu menurunkan berat badan, latihan capoeira juga dapat melatih kekuatan tubuh, khususnya bagian atas, karena melibatkan otot inti dan perut.

Foto: Instagram @tibalism

Serupa dengan yoga, jika dilatih terus-menerus capoeira mampu meningkatkan kelenturan dan fleksibilitas tubuh, serta melatih kesimbangan tubuh. Hal ini didukung oleh gerakan-gerakan yang diajarkan dalam capoeira, seperti tendangan, membalik (flip), jungkir balik, hingga handstand.

Gerakan capoeira pun tak sembarangan, dan bahkan seperti menari karena membutuhkan keanggunan. Sebagai bentuk seni bela diri, capoeira juga menuntut kamu untuk bergerak lincah dan gesit untuk merespons gerakan lawan. Tak heran bila dilakukan secara rutin, capoeira bisa meningkatkan ketangkasan, kelincahan, dan koordinasi tubuh.

Foto: Instagram @capoeira.bali

Capoeira sudah sangat dikenal di Indonesia, dengan salah satu yang menyediakan kelas untuk berlatih jenis bela diri ini adalah Capoeira Bali, sebuah komunitas dan sekolah budaya yang didukung oleh Escola Cultural Zungu Capoeira di Sao Paulo, Brasil.

Capoeira Bali memiliki tiga area fokus utama, yakni mempromosikan kebugaran dan keragaman budaya di sekolah, menyediakan kelas untuk siswa dari segala usia yang ingin belajar, dan juga untuk meningkatkan kesadaran publik tentang capoeira, yaitu melalui demonstrasi serta pertunjukan publik dan pribadi.

Foto: Instagram @capoeira.bali

Semua orang bisa melakukan latihan capoeira, namun kelas-kelas di Capoeira Bali dirancang untuk orang dewasa dari segala usia dan kemampuan, selain juga untuk anak-anak. Untuk kelas dewasa, pelatihan terbagi menjadi tiga kategori, yaitu gerakan, ritme, dan koneksi. Kamu akan mempelajari berbagai macam gerakan yang nantinya akan digabungkan dengan musik dan ritme. Kemudian akan diakhiri dengan melakukan permainan dengan peserta lainnya.

Kelas capoeira anak-anak hanya bisa diikuti oleh mereka yang berusia 4-16 tahun. Di sini, anak-anak tidak hanya didorong untuk belajar gerakan, ritme, atau musik, namun juga diberi kesempatan untuk mengembangkan gaya mereka sendiri. Dengan demikian, kelas ini pun dipastikan penuh tawa riang para pesertanya yang dapat menyalurkan energi mereka untuk hal-hal positif.

Foto: Instagram @capoeira.bali

Capoeira Bali dapat dijumpai di beberapa lokasi di Bali, termasuk di Nirvana Strength Bali (Jalan Pantai Berawa No. 8, Canggu) yang menyediakan kelas untuk dewasa setiap Selasa, Kamis, dan Sabtu pukul 08:00-09:00. ZINFIT Canggu (Jalan Nelayan No. 78D, Canggu) juga membuka kelas untuk dewasa setiap Rabu dan Jumat pukul 06:30-08:00.

Untuk anak-anak, orangtua dapat mendaftarkan si kecil di Peek a Boo (Jalan By Pass Ngurah Rai No. 17, Denpasar) yang menawarkan kelas setiap Selasa dan Kamis pukul 15:00-16:00. Opsi lainnya adalah di Titi Batu Club Ubud (Jalan Cempaka, Kumbuh Mas, Ubud) yang juga membuka kelas anak setiap Sabtu pukul 11:15-13:00 dan Senin pukul 16:00-18:00.

Khusus kelas anak, kelasnya terbagi menjadi dua kelompok, yakni usia 4-6 tahun dan usia 7-12 tahun. Biayanya mulai Rp350.000 per anak untuk lima kali datang. Sementara biaya kelas dewasa mulai Rp100.000 per orang untuk sekali datang. Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, kamu dapat menghubungi 0815 5855 9660 (WhatsApp) atau mengikuti akun Instagram @capoeira.bali.

Teks: Dionesia Ika | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here