Ruang Seni Anak di Museum MACAN Hadirkan Instalasi Seni Karya Perupa Citra Sasmita

0
3971
Citra Sasmita (Foto: Dok. Museum MACAN)

Desember ini, Museum Modern and Contemporary Art in Nusantara (MACAN) di Kebon Jeruk, Jakarta akan menggelar pameran seni terbarunya di Ruang Seni Anak (Children’s Art Space).

Museum MACAN menunjuk Citra Sasmita, perupa kontemporer asal Bali sekaligus pemenang Gold Award dalam ajang UOB Painting of the Year 2017, untuk menghidupkan ruangan ini dan menyuguhkan instalasi bertajuk “Kisah Antah-berantah” (atau “Tales of Nowhere” dalam bahasa Inggris).

Foto: Dok. Museum MACAN

Sesuai nama pamerannya, Citra Sasmita akan menuangkan imajinasinya tentang sebuah kerajaan hewan dalam gulungan kanvas Kamasan berukuran delapan meter. Menariknya, masing-masing hewan dalam lukisan ini memiliki wujud dan karakter yang unik, yang biasanya muncul dalam cerita fabel dari Bali. Tak hanya itu, ada pula karakter macan yang menurut sang perupa merupakan sebuah perwujudan dari Museum MACAN itu sendiri.

Kisah Antah-berantah adalah perwujudan dari dunia masa kecil yang murni. Fabel-fabel klasik dalam karya ini akan membangkitkan memori masa kecil yang terlupakan dari benak dewasa dan orangtua,” kata Citra Sasmita dalam siaran pers, Jumat (20/11/2020).

Foto: Dok. Museum MACAN

Tak hanya membangkitkan imajinasi, Citra Sasmita juga mengajak penikmat karyanya untuk turut menamai karakter hewan pada instalasi seni tersebut melalui interaksi secara daring di laman Instagram Museum MACAN. Setelah memberi nama, kamu pun bisa menuliskan cerita dongengmu sendiri dengan menggunakan sejumlah karakter hewan dalam Kisah Antah-berantah.

Kegiatan menarik lainnya adalah mendengarkan Citra Sasmita yang mendongeng secara virtual lewat situs resmi Museum MACAN dengan bantuan teknologi jejaring augmented reality (WebAR) rancangan perusahaan teknologi lokal Festivo. Kamu bahkan dapat menjajal filter Instagram buatan spesialis AR dan VR, Octagon Studio, dengan efek tato pada wajah.

Foto: Dok. Museum MACAN

Pameran ini rencananya akan digelar secara daring dan luring mulai 11 Desember 2020 hingga 22 Mei 2021. Museum MACAN juga berencana mengadakan pameran ini di beberapa lokasi publik lainnya di Jakarta untuk menjadi tempat aktivitas pengalaman virtual ini. Bila berminat menyaksikannya, pantau terus laman Instagram @museumacan atau situs resmi Museum MACAN untuk update informasi terkini.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here