Serunya Gowes Menerobos Hutan Pinus di Buperta, Cibubur

0
4016

Bagi warga Jakarta yang ingin berolahraga sambil berekreasi, namun tak ingin pergi jauh dari ibu kota, kamu bisa berkunjung ke Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka Cibubur, atau yang biasa dikenal dengan nama Buperta Cibubur.

Menempati bekas hutan karet, kawasan perkemahan seluas 210 hektar ini menawarkan berbagai fasilitas di dalamnya, mulai dari danau, kolam pemancingan, kolam renang, restoran, taman lalu lintas, hingga taman wisata lebah. Kamu dapat sekadar berjalan kaki mengitarinya, berpiknik di tepi danau, atau bahkan bersepeda menelusuri hutannya yang rimbun.

Hutan di Buperta Cibubur ini sendiri ditumbuhi berbagai tumbuhan tropis. Karena tutupan vegetasinya sangat rapat, hutan ini pun mampu memberikan keteduhan dan kesejukan, terutama saat cuaca sedang terik.

Sekitar 1-2 kilometer setelah memasuki hutan, kamu akan mendapati vegetasi yang berbeda, yakni hutan pinus. Di sinilah pengunjung biasanya kemari untuk sekadar berfoto di tengah hutan pinus yang mengingatkan akan destinasi serupa di Yogyakarta, atau menikmati bersepeda di tengah alam yang masih asri.

Foto: Instagram @anysarachmalia

Bila tertarik gowes di sini, kamu dapat memarkirkan kendaraan terlebih dahulu di area parkir lapangan perkemahan. Atau kalau lokasi rumah dekat dengan Buperta Cibubur, kamu juga bisa langsung mengayuh sepeda ke kawasan ini.

Memasuki area Buperta, jalurnya masih berupa jalanan beraspal. Jalur ini kemudian berubah saat melewati hutan, yakni berupa tanah yang padat dengan trek yang didominasi medan mendatar, sehingga cocok untuk pesepeda pemula.

Foto: Instagram @hedianto.hs

Namun, pesepeda berpengalaman pun tak perlu kecewa, karena trek di sini juga bervariatif, dari yang menanjak, menurun, hingga meliuk-liuk di antara pepohonan, sehingga gowes di sini pun tak akan membosankan. Bahkan, di beberapa titik kamu akan menjumpai sejumlah gundukan tanah yang bisa dijadikan dasar untuk lompatan sepeda.

Jalur sepeda bernama Arboretum Bike Track ini panjangnya sekitar tiga kilometer. Jadi, tergantung stamina, kamu dapat mengitarinya beberapa kali untuk berolahraga. Opsi lainnya, kamu juga bisa gowes menjelajahi area Buperta yang luas, kemudian duduk-duduk di tepian danaunya untuk beristirahat setelah lelah bersepeda.

Foto: Instagram @bupertagoaction

Kawasan ini bisa cukup ramai di akhir pekan, karena merupakan salah satu tempat favorit warga ibu kota untuk berekreasi. Kamu dapat memilih untuk bersepeda di hari lain bila ingin mencari suasana yang sepi, atau datang sedari pagi, yakni sekitar pukul 06:00 hingga 08:00.

Menariknya, bila datang di jam-jam tersebut, harga tiketnya pun lebih murah, yakni hanya Rp5.000 saja dari harga tiket normal Rp10.000. Kawasan ini sendiri buka dari pukul 06:00 hingga 22:00.

Buperta Cibubur terletak di Jalan Flora Indonesia No. 5, Cibubur, Jakarta Timur. Dari Jakarta Pusat, tempat ini bisa dicapai dengan berkendara sekitar 45 menit via Jalan Tol Cawang Grogol atau Jalan Tol Ir. Wiyoto Wiyono dan Jalan Tol Jagorawi.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here