Makan Siang dengan Menu Sehat, Ditemani Sawah dan Gunung Merapi

0
3996
Foto: Dok. Google Maps/Jembarati Yogyakarta

Layaknya taman kecil yang menyenangkan jauh dari keramaian Yogyakarta, Little Garden merupakan restoran yang menyajikan makanan sehat berlatar alam khas pedesaan. Awalnya berlokasi di Jalan Mirota No. 14A, Sleman, Little Garden berdiri pada 2012, namun tiga tahun kemudian memfokuskan penyajian menu makanan sehat tanpa kandungan 4P (pewarna, pengawet, pemanis buatan, penguat rasa) dan bebas gluten.

Selain mengubah konsep restoran, Little Garden juga berkolaborasi dengan Rumah Jembarati di Cangkringan dan menghadirkan tempat makan asri berlatar sawah dan Gunung Merapi. Keunggulan Little Garden adalah semua makanan diolah sendiri menggunakan bahan-bahan alami.

Foto: Instagram @nyonyokecil

Selain menanam sendiri produk sayurannya, restoran unik ini juga bekerja sama dengan petani organik untuk memasok bahan baku. Nantinya, semua hidangan diolah langsung saat tamu berkunjung, sehingga rasanya pun terjamin dan masih segar.

Seperti Main ke Rumah Nenek

Lokasi Little Garden hanya sejengkal dari penginapan Rumah Jembarati. Dari pusat kota Yogyakarta hanya membutuhkan waktu kurang dari satu jam perjalanan. Suasana tempat makannya hangat dan bernuansa lawas, seperti sedang berkunjung ke rumah nenek.

Foto: Dok. Google Maps Rafael/Mario Yosef Lennon

Bangunan utama berupa area terbuka menghadap alam, yang didominasi perabot kayu dengan model klasik. Ada tempat duduk besar, serupa tempat tidur yang empuk dengan tumpukan bantal, nyaman untuk berbaring sembari menanti makanan dihidangkan.

Menu Bulan Ini

Tiap bulan Little Garden merilis daftar menu yang akan dihidangkan kepada tamu. Untuk November, Little Garden akan menghidangkan menu pembuka Batagor Bagor – batagor bebas gluten yang digoreng dengan minyak kelapa, disajikan dengan potongan timun organik, sambal, jeruk limau, saus kacang mete, dan taburan bawang goreng; Demen Mendoan – delapan tempe lokal organik dengan tepung bebas gluten yang digoreng dengan minyak kelapa, disajikan dengan sambal kecap alami dan cabai segar; Singkong Keju – singkong gurih oven krispi yang disajikan hangat dengan parutan keju lokal alami; dan Taro Taro – keripik taro gurih bawang putih yang digoreng dengan minyak kelapa, disajikan bersama saus salsa segar ala Little Garden.

Foto: Instagram @gioverow

Untuk menu salad, Little Garden menawarkan Salad Mie – campuran sayur hijau, wortel, kol ungu, kyuri, terong bakar, zucchini bakar, tomat ceri, bawang bombai, tahu organik, nanas, mi siratake, wijen hitam, disajikan dengan Asian dressing; Rujak Sayur – tempe organik, tahu organik, telur, selada hijau, kecambah, kol ungu, kyuri, bawang bombai, kacang mete, taburan bawang merah; dan Salad Matah – varian sayur hijau, avokad, jamur krispi, bawang bombai, kyuri, tomat ceri, tempe goreng, brokoli, zucchini, paprika, disajikan dengan sambal matah kecombrang.

Ada dua menu utama yang dapat dipilih tamu, yaitu Ohm Sate – tujuh tusuk sate varian jamu yang dibalur dengan saus jimbaran ala Little Garden, dengan keripik talas dan salad segar; dan Sekul Ramesan – nasi singkong yang disajikan dengan pecel, nangka rempah, kering tempe organik, acar, sambal bawang, dan rempeyek tabur bawang merah.

Foto: Instagram @nyonyokecil

Di akhir jamuan makan di Little Garden, cicipi hidangan penutup berselera, seperti Bananas Caramel – lima buah pisang bakar yang ditabur gula aren, kacang mete panggang, dan cranberry; Bananas Crispy – lima pisang goreng krispi bebas gluten yang digoreng dengan minyak kelapa dan diberi pemanis alami; Apple Cake – kue berlapis yang terdiri chocolate cake, apple spices, almond, dan kacang mete; Bro Brownies – brownies bebas gluten dengan cokelat alami dan pemanis gula aren, disajikan bersama almond butter.

Sebagai teman makan, nikmati aneka minuman tradisional nan menyegarkan, seperti Raw Kunyit Asem, Raw Beras Kencur, Gula Asem Rempah, Orange Juice, Purple Juice, Kobucha Egon, Kombucha Hariini, Whole Coconut, Wedang Jahe Rempah, Lemon Tea, Chocolate Timur, dan Coffee Bose.

Resevasi Terlebih Dulu

Perlu diketahui bahwa untuk menikmati jamuan makan siang di Little Garden harus melalui reservasi via 0812 29065551 atau surel ke littlegarden5b@gmail.com. Bagi tamu yang datang langsung tidak dilayani karena Little Garden hanya menerima kunjungan dengan reservasi.

Foto: Instagram @kabutipis

Seusai reservasi dan memesan menu di awal, tamu diharapkan melakukan pembayaran. Dalam sehari ada dua sesi makan siang, yaitu pukul 11:00 hingga 13:00 dan pukul 14:00 hingga 16:00.

Little Garden hanya menerima maksimal 17 tamu tiap sesinya. Little Garden buka pukul 10:00 hingga 17:00 (Selasa-Minggu), Senin tutup. Informasi selengkapnya dapat dilihat di Instagram @littlegardenyk.

Teks: Priscilla Picauly | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here