Bali Triathlon Kembali Digelar Desember Mendatang

Gelaran olahraga internasional Bali Triathlon kembali digelar untuk yang ke-13 kalinya Desember mendatang. Karena diadakan di tengah pandemi, ajang ini pun digelar secara virtual dan dinamai Bali International Triathlon Remote Race.

Uniknya, Bali Triathlon kali ini akan mengusung dua konsep acara, yakni Remote Race yang berlangsung pada 6 Desember 2020 mulai pukul 06:00 hingga 16:00 WIB, serta Virtual Race dengan periode pengiriman hasil catatan waktu mulai 7 hingga 20 Desember 2020.

Remote Race sendiri mirip perlombaan triatlon pada umumnya, namun peserta dapat mengikutinya dari lokasi masing-masing. Karena memadukan konsep virtual dan siaran langsung, peserta wajib menggunakan SportSplits Tracker sebagai aplikasi pelacak aktivitas.

Dengan aplikasi ini jugalah peserta dapat bersaing dengan peserta lainnya secara virtual lewat fitur Live Tracking Remote Race di peta rute lomba pada saat ajang ini berlangsung. Fitur ini memungkinkan seluruh peserta untuk beraktivitas dalam waktu yang bersamaan.

Kategori yang dilombakan untuk acara Remote Race ini ada dua, yakni 5205 Fast Distance (Run 5K – Cycling 20K – Run 5K), serta 3103 Short Distance (Run 3K – Cycling 10K – Run 3K). Lima hari sebelum ajang ini digelar, peserta dapat mengklaim tiga profil aktivitas sesuai tantangan yang dipilih (Run 1 – Cycling – Run 2).

Tantangan ini sendiri akan dilakukan secara berurutan, di mana setiap akan memulai aktivitas, peserta wajib menekan tombol start dan mulai beraktivitas setelah hitungan mundur mencapai angka nol.

Lokasi lomba yang dipilih peserta bebas, asal tetap mematuhi peraturan lalu lintas yang berlaku maupun protokol kesehatan Covid-19. Namun, peserta tidak diperbolehkan berlari di treadmill, karena aplikasi mencatat hasil aktivitas berdasarkan posisi GPS di luar ruangan.

Karena itu, pastikan juga beraktivitas di lokasi dengan sinyal Internet yang baik dan hindari lokasi yang dapat melemahkan atau menghilangkan koneksi GPS. Peserta juga disarankan untuk menggunakan sport watch yang terkoneksi dengan Strava sebagai back up aktivitas.

Sementara itu, Virtual Race sama seperti lomba virtual pada umumnya, dengan peserta yang dapat beraktivitas di mana pun selama periode berlangsung. Jarak yang dilombakan hanya satu, yakni Run 10K – Cycling 20K – Free Activity 1K.

Untuk aktivitas bebas, peserta boleh memilih aktivitas apa pun yang dapat dicatat oleh aplikasi tracker, seperti berlari, bersepeda, berenang, berjalan, bersepatu roda, dan lainnya. Lalu, berbeda dengan Remote Race, peserta Virtual Race boleh berlari di treadmill atau besepeda di sepeda statis untuk menyelesaikan lomba. Aplikasi tracker-nya pun bebas, seperti Garmin, Strava, Mapmyrun.

Setelah beraktivitas, peserta tinggal mengunggah catatan waktu di situs Galasin Virtual Race beserta screenshot catatan waktu dari aplikasi tracker yang digunakan. Peserta boleh menyerahkan catatan waktu ini secara multiple atau berulang dengan batas waktu maksimal 20 Desember pukul 23:59 WIB.

Pendaftaran dibuka hingga Minggu, 29 November 2020 dengan biaya registrasi Rp200.000 per orang, sudah termasuk medali dan e-certificate. Selama ajang triatlon ini digelar, peserta juga dapat mengikuti kompetisi foto berhadiah uang maupun berkesempatan mendapatkan door prize menarik. Untuk registrasi dan informasi lebih lanjut, kunjungi laman ini.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here