Mau Snorkeling di Pahawang? Intip Rencana Perjalanan 3H/2M Ini!

0
3845

Terletak di Kecamatan Marga Punduh, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung, Pulau Pahawang merupakan salah satu lokasi liburan favorit di Indonesia, terutama bagi warga ibu kota dan sekitarnya yang ingin melarikan diri sejenak dari rutinitas.

Seluas 1.084 hektar, pulau ini tak hanya indah di darat dengan hamparan hutan bakau, namun juga menawarkan keindahan bawah laut di perairannya. Tak heran bila sebagian besar wisatawan yang kemari datang untuk mengunjungi spot-spot snorkeling terbaiknya yang penuh terumbu karang dan ikan warna-warni.

Tertarik kemari namun belum tahu mesti ke mana saja? Kamu bisa mengintip rencana perjalanan 3H/2M berikut ini yang cocok untuk mengisi liburan akhir pekanmu!

HARI 1

Di hari pertama ini, kamu dapat memulai perjalanan darat menuju Pelabuhan Merak. Bila berangkat di hari Jumat, di mana pagi hingga sore harinya kerja, kamu tetap dapat berangkat di malam hari.

Mulailah perjalanan dari Jakarta sekitar pukul 20:00 dengan perkiraan tiba di Pelabuhan Merak pukul 23:00. Setibanya, kamu dapat langsung naik kapal feri menuju Pelabuhan Bakauheni di Lampung sekitar pukul 00:30

HARI 2

Bila perjalanan berjalan sesuai rencana, kamu akan tiba di Pelabuhan Bakauheni sekitar pukul 03:00. Setibanya, lanjutkan perjalanan darat menuju Dermaga Ketapang dengan durasi sekitar tiga jam. Di dermaga inilah kamu dapat menyewa kapal untuk menuju sejumlah spot snorkeling di Pulau Pahawang. Karena acaranya bakal padat, jangan lupa sarapan dahulu ya sebelum berangkat!

Dermaga Ketapang

Dari dermaga, kamu bisa memulai trip dengan perjalanan menuju Pulau Kelagian Kecil terlebih dahulu. Lokasi pulau tak berpenghuni ini ada di antara Teluk Lampung dan Pulau Kelagian Besar.

Berbeda dengan pulau tetangganya yang lebih ramai dan sarat fasilitas, Pulau Kelagian Kecil menawarkan suasana yang lebih tenang. Hamparan pasir putihnya pun bersih, sementara perairannya pun cantik dengan warna biru kehijauan. Di sini jugalah kamu dapat melakukan snorkeling untuk melihat karang yang indah dan berbagai jenis ikan.

Puas bermain air di Pulau Kelagian Kecil, lanjutkan perjalanan menuju Cukuh Bedil. Di spot snorkeling dengan kedalaman sekitar 2-4 meter ini, kamu tak hanya dapat menikmati keragaman terumbu karang dan ikan-ikan cantik, namun juga mengabadikan keindahannya sambil berfoto dengan papan beton di bawah air bertuliskan “Taman Laut Pahawang”.

Sementara di spot Taman Nemo, dekat Pulau Pahawang Besar, kamu dapat melihat terumbu karang dan anemon warna-warni yang menjadi habitat bagi ikan badut, jenis ikan yang populer berkat film animasi “Finding Nemo”.

Sekitar pukul 12:00, kamu dapat menuju Pulau Pahawang Besar untuk check-in terlebih dahulu di homestay sekaligus makan siang. Jangan terlalu lama bersantai, karena masih banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan, seperti menyeberang ke Pulau Pahawang Kecil dengan berjalan kaki melalui hamparan pasir putihnya.

Uniknya, hamparan pasir putih bernama Gosong Pancong ini hanya muncul saat air laut surut. Di sini jugalah kamu dapat sekalian berfoto dengan latar Pulau Pahawang Besar maupun Pahawang Kecil.

Puas berfoto, kamu dapat kembali lagi ke Pulau Kelagian Kecil untuk berjalan kaki menjelajahinya, atau sekadar berjemur ditemani desiran ombak sembari menanti matahari terbenam. Sorenya, kembalilah ke penginapan untuk mandi dan bersiap makan malam ala barbekyu. Setelah itu, acara bebas, dan kamu pun dapat beristirahat setelah seharian beraktivitas.

HARI 3

Sekitar pukul 07:00, kamu dapat sarapan, kemudian check-out. Bila masih ingin snorkeling, kamu dapat menuju sejumlah spot di sekitaran Pahawang. Opsi lainnya, kamu dapat menuju Pulau Kelagian Besar untuk menikmati watersport, seperti banana boat.

Siangnya, sekitar pukul 11:30, kembalilah ke Dermaga Ketapang. Dalam perjalanan ke Pelabuhan Bakauheni, kamu dapat mampir dahulu ke beberapa tempat untuk membeli oleh-oleh khas Lampung, seperti pai pisang, keripik pisang, lempok durian, kopi Lampung, dan pempek Lampung.

Setibanya di Pelabuhan Bakauheni, kamu akan kembali naik feri menuju Pelabuhan Merak. Lalu, dilanjutkan dengan perjalanan darat menuju Jakarta. Selesai sudah trip 3H/2M ini.

Kalau kamu tidak mau repot harus mencari operator sewa kapal untuk snorkeling, atau mencari jasa transportasi dari Jakarta ke Lampung dan sebaliknya, kamu dapat memesan trip dengan rencana perjalanan seperti di atas dari explorer.id. Dengan membayar Rp750.000 per orang, kamu sudah dapat menikmati keuntungan berikut ini.

  • Transportasi pp dari dan ke Jakarta (meeting point di Plaza Festival Mall Kuningan)
  • Penginapan di Pulau Pahawang Besar (homestay, tanpa AC)
  • Sewa perahu dua hari
  • Jaket pelampung
  • Pemandu wisata dari Jakarta
  • Pemandu lokal
  • Air mineral
  • Makan empat kali
  • Barbekyu
  • Dokumentasi foto (termasuk bawah air)
  • Tiket feri Merak-Bakauheni pp (termasuk asuransi penyeberangan)
  • Tiket masuk kunjungan wisata

“Transportasinya kita join dengan agen lokal, jadi kendaraan dari dia. Biasanya pakai mobil elf,” jelas Ayke, Marketing explorer.id, saat dihubungi Getlost.id, Rabu (11/11/2020).

“Kalau mau private trip juga bisa dengan kendaraan White Horse, tapi harganya menyesuaikan.” Contohnya, untuk keberangkatan minimal 15 orang, tarifnya Rp900.000 per orang. Bila yang berangkat kelompok kecil, misal lima orang, harganya menjadi Rp2.200.000 per orang. “Harga ini nanti bisa berubah lagi kalau penginapannya bukan homestay, namun yang lebih mewah.”

Biaya trip ini belum termasuk alat snorkeling, sehingga kamu dapat membawa peralatan milik pribadi. Namun, kalau tidak punya pun, kamu bisa menyewanya di lokasi. “Harga sewa alat snorkeling Rp70.000 per orang. Kalau mau bermain banana boat, Rp25.000 per orang,” kata Ayke.

Hingga Januari 2021, tersedia beberapa tanggal keberangkatan untuk ke Pahawang, yakni 4 Desember, 11 Desember, 18 Desember, 25 Desember, 29 Desember, 30 Desember, 31 Desember, dan 1 Januari. Jadi, trip ini juga bisa menjadi opsi liburan saat Natal dan Tahun Baru nanti.

Teks: Melinda Yuliani