Tumbuhkan Pariwisata, Belitung Gelar Festival Tanjung Kelayang

0
3946

Berencana berlibur di Belitung untuk akhir pekan ini? Bila ya, kamu sedang beruntung, karena tak hanya dapat mengunjungi sejumlah tempat wisata di pulau tersebut, kamu pun dapat mengikuti serangkaian acara seru di Festival Tanjung Kelayang.

Digelar oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung, festival yang menyajikan beragam seni budaya dari Belitung maupun berbagai penjuru nusantara ini akan berlangsung mulai 15 hingga 19 November mendatang. Sesuai namanya, acara akan digelar di sekitaran kawasan Pantai Tanjung Kelayang, Kecamatan Sijuk, atau sekitar 27 kilometer dari Tanjung Pandan yang merupakan ibu kota Kabupaten Belitung.

Tak tanggung-tanggung, Pemerintah Daerah Belitung telah menganggarkan dana sekitar Rp600 juta untuk festival tersebut. Bahkan, acara tahun ini disebut-sebut tak kalah meriah dengan tahun-tahun sebelumnya dengan agenda kegiatan yang beragam, dari parade, pentas seni, drama tari, hingga fashion show.

Namun, karena masih pandemi, penyelenggaraannya pun akan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku. Misalnya, penari yang tampil wajib memakai masker dan face shield. Fashion show yang biasanya digelar di panggung pun kali ini akan diadakan di atas hamparan pasir.

Menurut Jasagung Hariya selaku Kepala Dinas Pariwisata Belitung, kehadiran event ini akan membuktikan bahwa Belitung siap menerima wisatawan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Pantai Tanjung Kelayang

Selama festival berlangsung, pihak pengelola akan melakukan penyemprotan disinfektan secara berkala pada area, sarana, dan peralatan dengan titik sentuh tinggi, seperti pegangan tangga, toilet, dan fasilitas umum lainnya.

Mereka juga akan menyediakan fasilitas cuci tangan dengan sabun yang memadai dan mudah diakses, melakukan pemeriksaan suhu tubuh di pintu masuk, serta mengoptimalkan sirkulasi udara dan sinar matahari yang masuk dalam area gedung.

Sementara pengunjung pun diminta untuk memastikan diri dalam kondisi sehat sebelum berkunjung, serta selalu menggunakan masker, baik saat dalam perjalanan maupun setibanya di lokasi festival. Mereka juga wajib untuk menjaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, menjaga jarak dengan pengunjung lain, serta menghindari membuat kerumunan.

Festival Tanjung Kelayang merupakan bagian dari 100 Calendar of Events Wonderful Indonesia 2020 yang dirilis oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Jasagung berharap, kehadiran festival seni dan budaya ini dapat menumbuhkan kembali pariwisata Belitung dan memulihkan kondisi ekonomi di daerah itu dari dampak pandemi Covid-19.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here