Jelang Akhir Tahun, Pintu Langit Trail Run Gelar Lomba Lari Virtual

0
3842

Tak hanya Yogyakarta yang memiliki destinasi swafoto Pintu Langit Dahromo di Kabupaten Bantul, Pasuruan juga memiliki Pintu Langit yang berlokasi di Bukit Bendil. Berada di ketinggian 800 meter di atas permukaan laut, spot foto ini dinamakan Pintu Langit karena posisinya langsung menghadap langit, dengan latar belakang alam Pasuruan yang permai.

Selain sebagai destinasi alam dan spot foto, Pintu Langit juga menjadi lokasi penyelenggaraan Pintu Langit Trail Run yang rutin digelar tiap tahun. Pesta lomba lari lintas alam ini biasa bermula dan berakhir di Bukit Bendil, tepatnya di area dekat Pintu Langit, yang juga memiliki kawasan Wisata Halal Ngopibareng Pintu Langit.

Tahun ini, pihak penyelenggara mengubah format lomba lari menjadi Pintu Langit Virtual Remote Run 2020. Hal ini diputuskan dengan pertimbangan situasi dan imbauan pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid-19 lebih meluas. Walau format lomba diganti, penyelenggara memastikan tetap menyediakan door prize bagi yang turut serta.

Foto: Dok. Instagram @hendrasonie

Pintu Langit Virtual Remote Run 2020 akan berlangsung pada 5-6 Desember dengan dua kategori lari, yaitu 6K (enam kilometer) Umum dan 12K (12 kilometer) Umum. Peserta dapat melakukan registrasi hingga 15 November pukul 23:59 melalui laman resmi Pintu Langit Virtual Remote Run 2020, dengan biaya pendaftaran Rp150.000 (kategori 6K Umum) dan Rp200.000 (12K Umum).

Peserta yang mendaftar akan mendapatkan kaos lari dengan desain menarik, paket sponsor, e-sertifikat beserta catatan waktu finish, dan medali yang diberikan kepada pelari yang mencapai finish. Race pack akan dikirim mulai H+3 ke alamat masing-masing peserta, tanpa dipungut biaya untuk wilayah Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut dapat mengecek Instagram @pintulangittrailrun atau laman resmi Pintu Langit Trail Run.

Ketentuan Lomba Lari Virtual

  • Pintu Langit Virtual Remote Run 2020 akan dilakukan bersama pada 5-6 Desember pukul 06:00 hingga 21:00, di lokasi masing-masing peserta. Aplikasi secara otomatis akan menonaktifkan akses ke lomba lari jika berlari di luar waktu yang ditentukan.
  • Tidak ada ketentuan lokasi lari peserta selama area yang dilintasi terjangkau jaringan Internet. Peserta dapat memilih trek jalanan, jogging track, trail track, dan jalur pedesaan selama hasil lari dapat terekam aplikasi.
  • Berlari di atas treadmill atau alat lari statis tidak diakui, karena aplikasi mencatat hasil lari berdasarkan posisi GPS dan jarak yang ditempuh pelari.
  • Peserta wajib mengunduh aplikasi Sportsplits Tracker di ponsel (tersedia di Google Play dan App Store) dan mengaktifkan sebelum memulai lari. Penyelenggara akan mengirimkan akses login melalui surel mulai H-30 menjelang lomba.
  • Aplikasi akan menunjukkan rute yang ditempuh dan membandingkan dengan jalur resmi Pintu Langit Trail Run 2020. Nantinya, aplikasi akan menempatkan peserta secara virtual di rute resmi sesuai kategori lari yang dipilih.
  • Tidak ada ketentuan Cut of Time, peserta dapat berlari atau berjalan di mana dan kapan saja sesuai kemampuan, selama mengikuti waktu perlombaan.
  • Peserta tidak dapat mencicil lari hari pertama di balapan hari kedua. Aplikasi menghitung jarak dalam waktu satu kali tempuh di satu hari.

Teks: Priscilla Picauly | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here