Sambil Berlari, Kamu Bisa Sekalian Berdonasi di Ajang Pertamina Eco Run

0
3918

Menyambut hari ulang tahunnya yang ke-62, Pertamina menyelenggarakan lomba lari bertajuk Pertamina Eco Run yang sudah rutin terlaksana sejak 2014. Meski demikian, pandemi Covid-19 yang saat ini masih berlangsung di Indonesia membuat Pertamina memutuskan untuk menggelar ajang tersebut secara virtual.

Tahun ini, Pertamina Virtual Eco Run 2020 mengusung tema Energy to Energize. Dalam konferensi pers via Zoom, Senin (2/11/2020), Fajriyah Usman selaku Vice President Corporate Communication Pertamina mengungkapkan tujuan ajang ini yang tak hanya untuk menunjang kesehatan di tengah pandemi, namun memberikan kesempatan bagi para peserta untuk berdonasi kepada penyandang disabilitas.

Para peserta pun tak perlu membayar sepeser pun untuk mendaftarkan diri di ajang ini. Sebagai gantinya, mereka cukup menukarkan 63 poin dari aplikasi My Pertamina dengan voucer Pertamina Virtual Eco Run. Poin ini sendiri bisa terkumpul melalui pembelian produk Pertamina, baik BBM Pertamax, Pertamax Turbo, maupun Pertamina Dex.

Setelah menukarkan poin, peserta dapat membuka tautan ini untuk membuat akun dan melakukan pendaftaran dengan mengisi data diri, memilih nominal donasi (ada pilihan Rp150.00 hingga Rp250.000), dan memasukkan kode voucer dari aplikasi My Pertamina.

“Ini merupakan cara Pertamina mengajak masyarakat Indonesia agar tetap semangat menjaga kesehatan dengan cara berlari di lokasi masing-masing, selain membantu sobat disabilitas yang menjadi salah satu masyarakat terdampak Covid-19,” ujar Fajriyah.

Satrio Guardian selaku Race Director Pertamina Virtual Eco Run 2020 menargetkan jumlah pesertanya dapat mencapai 3.000 pelari. “Harapannya, semua orang bisa ikut acara ini, dan supaya ajang ini bisa untuk seluruh komunitas di Indonesia. Apalagi, konsepnya virtual,” kata Satrio.

Tertarik mengikuti ajang ini? Kamu dapat mendaftarkan diri mulai hari ini hingga 17 November mendatang. Peserta yang ingin mengikuti ajang ini harus berusia di atas 15 tahun.

Kategori lombanya sendiri ada dua, yakni 10K Multiple Run yang berlangsung selama 21 hari, yakni mulai 21 November hingga 10 Desember 2020, serta 5K Real Time Run yang berlangsung secara serentak dari rumah masing-masing pada 13 Desember 2020 mulai pukul 05:30 hingga 09:00 WIB.

Untuk 10K Multiple Run, peserta akan berlari secara individu, lalu mencatat dan melaporkan hasilnya ke situs pertaminaecorun.com. Sementara saat gelaran 5K Real Time Run, akan ada live streaming event yang menampilkan hiburan, door prize, dan keseruan lainnya.

Para peserta juga diingatkan oleh Dokter Olahraga SPPOI Eminance, dr. Andhika Respati, untuk tetap menerapkan protokol kesehatan saat berlari, termasuk menjaga jarak, mencuci tangan, dan memakai masker.

“Jangan sampai karena ingin sehat, tapi malah menambah angka penyebaran Covid-19,” ujarnya. “Bisa juga memilih tempat yang sepi di pagi hari yang belum banyak orang untuk menghindari kerumunan.”

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here