Tak Cuma Tawarkan Suasana Asri, Spot Lari di Ancol Ini Juga Punya Wisata Edukasi

0
3859
Foto: Instagram @allianz.ecopark

Saat ini, Jakarta memiliki sejumlah trek lari yang cocok untuk berolahraga, terutama di taman-taman kota. Namun, di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta baru membuka 16 taman yang tersebar di lima kotamadya. Tak hanya itu, pengunjung pun dibatasi, selain taman hanya boleh dimasuki oleh orang-orang yang tinggal di sekitarnya.

Bila masih bingung mencari lokasi lari yang nyaman, kamu dapat mengunjungi Allianz Ecopark yang terbuka bagi siapa saja. Menempati lahan bekas Padang Golf Jaya Ancol, Allianz Ecopark ini sendiri terletak di dalam kawasan Ancol Taman Impian, tak jauh dari Dunia Fantasi.

Sebagai salah satu ruang hijau terbuka di Jakarta, Allianz Ecopark menawarkan nuansa alam yang jarang ditemui ibu kota. Layaknya hutan mini di tengah kota, Allianz Ecopark ditumbuhi ribuan pohon. Beberapa di antaranya termasuk yang jarang ditemui, sementara sebagian lainnya merupakan pohon khas daerah tropis, seperti pohon cemara laut, trambesi, dan mahoni.

Foto: Instagram @allianz.ecopark

Dihubungi Getlost.id pada Senin (26/10/2020), Heri dari Allianz Ecopark menjelaskan bahwa, “Allianz Ecopark tetap buka seperti biasa dengan jam operasional pukul 06:00 hingga 17:00.” Saat ditanya mengenai protokol kesehatan yang diterapkan bagi mereka ingin berolahraga, Allianz Ecopark mewajibkan tiap pengunjung untuk memakai masker, mencuci tangan secara rutin, menjaga jarak aman satu sama lain, dan melewati pemeriksaan suhu tubuh saat tiba di lokasi.

“Saat ini Allianz Ecopark tidak melakukan pembatasan kapasitas dikarenakan jumlah pengunjung yang cenderung sepi. Bagi mereka yang ingin berlari atau bersepeda, sebaiknya datang sekitar pukul 16:00, saat matahari sudah mulai turun,” tambah Heri.

Allianz Ecopark memiliki jogging track dengan panjang rute sekitar dua kilometer. Jalur ini sebagian dilindungi pepohonan rindang, sehingga aktivitas lari terasa lebih nyaman dan menyenangkan. Hawa sejuk juga menjadi kelebihan lari di Allianz Ecopark, membuat pengunjung pun serasa jauh dari ibu kota yang sumpek.

Bila capai berlari, kamu dapat beristirahat sejenak di tepian danau, di mana biasanya perahu bebek akan berseliweran di danau. Kalau sedang sepi pengunjung, suasana makin terasa damai. Jangan khawatir bila sedang haus dan tak membawa minuman, karena di beberapa lokasi terdapat stan penjual minuman maupun vending machine minuman.

Foto: Instagram @allianz.ecopark

Di sela-sela berolahraga di Allianz Ecopark, pengunjung juga dapat sekalian berwisata alam dan edukasi di salah satu atraksi yang tersebar di empat zona, yakni Eco Care, Eco Art, Eco Nature, dan Eco Energy.

Zona Eco Care berisi berbagai permainan edukasi seru, yang ideal bagi pengunjung keluarga; Eco Art biasanya menjadi lokasi untuk pertunjukan seni dan pameran; Eco Nature menampilkan wisata edukasi seputar flora dan fauna; dan Eco Energy memfokuskan diri pada area konservasi energi dan sumber energi terbarukan.

Dari sekian banyak atraksi yang ada, Faunaland Ancol di Eco Nature merupakan salah satunya yang terfavorit. Beroperasi pukul 09:00 hingga 16:00 dengan tiket masuk Rp65.000 (Senin-Jumat) dan Rp75.000 (Sabtu-Minggu), atraksi wisata ini mengajak pengunjung berinteraksi dengan aneka satwa, selain menampilkan pertunjukan interaktif bersama satwa pilihan.

Foto: Instagram @faunalandofficial

Misalnya, tiap Senin dan Jumat pukul 11:00 dan 14:30, pengunjung dapat menyaksikan Bird Show dan Zoo Keeper Talk. Tak hanya itu, pengunjung, terutama anak-anak, juga dapat memberi makan rusa atau ikan dengan membeli daging dan wortel seharga mulai Rp5.000.

Di tengah PSBB Transisi, tidak semua sarana dapat dimanfaatkan pengunjung. Sebelum berkunjung, disarankan untuk mengecek jadwal dan informasi terkini melalui Instagram @allianz.ecopark atau @faunalandofficial.

Tip Mengunjungi Allianz Ecopark

  • Ancol Taman Impian buka setiap hari pukul 06:00 hingga 21:00 (pintu gerbang Ancol).
  • Ancol Taman Impian hanya membuka dua pintu gerbang, yaitu PGU Timur (bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi dan pejalan kaki) dan PGU Busway (bagi pengunjung yang naik TransJakarta).
  • Harga tiket masuk Ancol Taman Impian Rp25.000 per orang, tiket motor Rp15.000, dan tiket mobil Rp25.000.
  • Pembelian tiket dilakukan secara daring melalui ancol.com. Tidak tersedia pembelian tiket tunai di gerbang masuk Ancol Taman Impian.
  • Saat ini semua pengunjung dari berbagai wilayah diperbolehkan masuk Ancol.
  • Pengunjung anak di bawah usia sembilan tahun dan lansia di atas 60 tahun dapat berkunjung ke Ancol hanya untuk berolahraga di kawasan pantai Ancol dan Allianz Ecopark.
  • Pengunjung anak di bawah usia sembilan tahun tidak diperkenankan mengunjungi Faunaland Ancol.

Teks: Priscilla Picauly | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here