4 Destinasi Terbaik di Jawa Timur untuk Stargazing

0
3560

Stargazing atau memandang bintang merupakan salah satu kegiatan yang wajib dilakukan di sejumlah destinasi yang minim polusi dan memiliki langit cerah. Tak mudah memang mencari tempat-tempat seperti itu, namun di Jawa Timur, Anda dapat menemukan beberapa tempat yang menawarkan panorama langit malam yang memukau. Berikut beberapa di antaranya.

1. Gunung Bromo

Primadona pariwisata Jawa Timur ini tak pernah sepi pengunjung, dan bahkan semakin banyak acara menarik yang memanfaatkan keindahannya, seperti Jazz Gunung dan Bromo Marathon. Selain melihat keindahan matahari terbit, Gunung Bromo juga merupakan tempat terbaik untuk memandang bintang. Tak susah melakukan stargazing di sini, karena alamnya memang masih alami, selain lanskapnya pun unik dengan padang pasir luas di sekitarnya.

2. Gunung Ijen

Mendaki Gunung Ijen tak hanya berbonus pemandangan Blue Fire yang merupakan salah satu atraksi favorit pelancong maupun pemburu foto di Jawa Timur, namun juga panorama langit berbintang. Bahkan kini sejumlah operator tur juga telah menawarkan jasanya untuk memandu mencari lokasi stargazing terbaik di puncak Ijen.

Kegiatan memandang bintang ini paling baik dilakukan dalam durasi lama, sehingga disarankan untuk berkemah di sini. Namun, bila waktu liburan terbatas, Anda dapat menikmati pemandangan ini saat melakukan pendakian menuju puncak Ijen di tengah malam.

3. Tanjung Papuma, Jember

Tanjung Papuma di Desa Lojejer merupakan destinasi favorit warga Jember dan sekitarnya untuk berakhir pekan berkat keindahan dan keunikan panorama pantainya. Selain menawarkan hamparan pasir putih, Tanjung Papuma juga memiliki gugusan pulau karang di sekitarnya yang kerap menjadi incaran para pemburu foto.

Karena ombaknya ganas, pengunjung dilarang berenang di pantai ini. Namun sebagai gantinya, mereka dapat menikmati panorama matahari terbit dan terbenam sekaligus karena kawasan pantai ini menghadap timur dan barat. Di malam hari, panorama pun semakin indah dengan langit malam yang bertabur bintang.

4. Pegunungan Cangar, Batu

Terletak di Batu, Pegunungan Cangar tak cuma terkenal sebagai lokasi pemandian air panas, namun juga menawarkan panorama yang mirip suasana pedesaan di Swiss, lengkap dengan pegunungan sebagai latarnya, selain kabut tipis di pagi hari yang menyelimuti area tersebut, sehingga membuat suasana menjadi semakin mistis. Pegunungan Cangar juga memiliki pemandangan langit malam yang memesona, sehingga cocok sebagai tempat untuk stargazing.

Untuk mencapai Pegunungan Cangar, Anda dapat berangkat dari Malang maupun Mojokerto dengan durasi perjalanan sekitar satu jam. Menariknya, selama perjalanan pun Anda akan dimanjakan dengan pemandangan indah, mulai dari perkebunan apel, persawahan, hingga pegunungan.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here