Tip Aman Bersepeda di Tengah Pandemi Covid-19

0
3532

Bersepeda kini menjadi salah satu aktivitas yang semakin diminati di tengah pandemi Covid-19. Selain karena pusat kebugaran masih tutup, kegiatan yang menyehatkan ini juga dapat mengurangi stres di masa yang penuh dengan ketidakpastian seperti sekarang ini.

Namun, ada beberapa hal yang mesti Anda lakukan saat bersepeda agar tetap aman dan terhindar dari risiko tertular virus corona. Berikut beberapa di antaranya.

1. Kenakan masker sepanjang waktu untuk melindungi diri dan orang lain. Bawa juga masker cadangan siapa tahu masker tersebut lembap atau dalam keadaan basah, sehingga tidak memungkinkan untuk dipakai.

2. Karena mesti mengenakan masker sepanjang waktu, bersepedalah dengan intensitas ringan untuk menghindari hipoksia atau kurangnya suplai oksigen di sel dan jaringan tubuh. Cara mudah untuk mengetahuinya adalah dengan melakukan tes bicara. Bila kesulitan bicara dan napas terengah-engah, itu berarti intensitas olahraga yang dilakukan bukan tergolong ringan.

3. Jangan menggunakan face shield saja tanpa masker, karena masih ada celah untuk terpapar droplet atau titik air berisi virus dari batuk dan bersin.

4. Selalu jaga jarak, setidaknya dua hingga tiga meter. Saat ingin melewati orang lain di jalan, berikan ruang sebanyak mungkin untuk memastikan Anda dapat tetap menerapkan jaga jarak fisik. Bila lokasi bersepeda ramai, jangan ambil risiko dan jangan ragu untuk segera pulang.

5. Jangan bersepeda bersama orang lain yang tidak tinggal di rumah Anda, meskipun itu keluarga Anda sendiri. Jangan pula bersepeda bersama lebih dari tiga orang, karena akan sulit untuk menerapkan jaga jarak.

6. Jangan meludah atau mengeluarkan ingus saat bersepeda, atau di sekitar orang lain yang sedang berjalan atau bersepeda. Bawalah tisu atau saputangan untuk mengurangi risiko penyebaran virus. Jangan pula membuang tisu sembarangan.

7. Bersepedalah di sekitar tempat tinggal Anda ketimbang membawa sepeda tersebut ke dalam mobil, lalu meninggalkan area tempat tinggal ke lokasi bersepeda yang jauh.

8. Bawa juga hand sanitizer, dan pastikan tangan selalu dalam keadaan bersih sebelum mengucek mata atau menyentuh bagian mana pun di wajah.

9. Berkendaralah dengan hati-hati, patuhi aturan lalu lintas yang berlaku saat berada di jalan raya, dan selalu kenakan helm dan perlengkapan bersepeda lainnya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan. Anda tentu tidak ingin ke rumah sakit di saat seperti sekarang ini, bukan?

10. Sepulang bersepeda, semprot sepeda dan perlengkapan lainnya dengan cairan disinfektan. Lalu segera mandi dan cuci pakaian yang dikenakan agar terhindar dari Covid-19.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here