4 Galeri Seni Terbaik di Yogyakarta

0
3526

Berpredikat sebagai kota seni, Yogyakarta tidak pernah sepi dengan agenda kegiatan seni sepanjang tahun. Hampir setiap bulan, kota ini memiliki agenda kesenian beragam, mulai dari seni pertunjukan sampai berbagai pameran seni rupa yang biasanya digelar di beberapa galeri berikut.

Bentara Budaya Yogyakarta

Bentara Budaya Yogyakarta (BBY) kerap bekerja sama dengan lembaga seni dari mancanegara. Didirikan pada 26 September 1982 untuk menampung kegiatan seni dan budaya dari berbagai kalangan, BBY memiliki pelataran untuk menggelar pertunjukan rutin Jazz Mben Senen, yang sesuai namanya, digelar setiap Senin sebagai ajang berkumpul para musisi, pencinta, serta penikmat musik jaz di Yogyakarta.

Tak hanya ajang bagi musisi setempat, namun di saat-saat tertentu juga tampil musisi Indonesia terkenal, selain musisi dari Jepang, Afrika, dan Australia. Menikmati berbagai acara di BBY biasanya tidak dipungut bayaran.

Langgeng Art Foundation

Menempati gedung modern berlantai dua di Jalan Suryodiningratan, Langgeng Art Foundation merupakan lembaga seni rupa kontemporer yang memfasilitasi berbagai presentasi dan diskusi karena bertujuan memberikan wadah bagi para seniman muda untuk berkarya.

Foto: Instagram @langgengartfoundation

Di lantai pertama terdapat restoran dengan interior yang memajang beberapa karya lukisan hingga instalasi, serta menyajikan pemandangan hijau rerumputan dari taman yang sering dijadikan tempat pertunjukan seni. Sementara di lantai dua terdapat ruangan luas tanpa sekat untuk memajang beberapa karya yang sedang dipamerkan.

Foto: Instagram @langgengartfoundation

Saat ini, Langgeng Art Foundation tengah menggelar pameran bertajuk “Ocean Eyes” karya seniman muda Laksamana Ryo hingga 17 Oktober 2020. Untuk mengetahui jadwal pameran selanjutnya, ikuti akun Instagram @langgengartfoundation.

Redbase Foundation Yogyakarta Indonesia

Terletak di Desa Jurug RT 02 No. 72, Redbase Foundation Yogyakarta menempati rumah joglo yang dikelilingi taman dan sawah yang asri. Sebagai tempat berkumpulnya para seniman dan penggiat seni, tempat ini kerap menggelar seminar, workshop, dan talkshow. Setiap minggu pun diadakan kelas mewarnai dan menggambar bagi anak-anak, di mana karya-karya yang terpilih akan dipamerkan dalam festival seni tahunan.

Cemeti Art House

Cemeti Art House yang aktif sejak 1988 ini awalnya menampung arsip dan penelitian terkait seni rupa, namun kini lebih fokus pada pelaksanaan pameran, proyek kesenian, residensi, serta manajemen seni. Ingin menjadi pelopor seni rupa kontemporer dan tempat bernaung bagi para seniman muda, setiap tahun digelar setidaknya 10 proyek pameran, baik pameran tunggal maupun kelompok. Pada 2014, galeri ini mendapatkan penghargaan Adhikarya Rupa Award dari Kementerian Pariwisata.

Tip: Bila memungkinkan, datanglah ke Yogyakarta saat ARTJOG tengah digelar. ARTJOG adalah festival, pameran, dan pasar seni rupa kontemporer di Jogja National Museum. Tahun ini, acara digelar mulai 8 Agustus hingga 10 Oktober 2020 dengan tema Resilience untuk membangkitkan semangat berkesenian di tengah pandemi. Digelar dengan menerapkan serangkaian protokol untuk memastikan keamanan dan kesehatan pengunjung, acara ini juga dapat dinikmati secara daring lewat situs resmi ARTJOG.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here