Wisata Ziarah di Kota-kota Suci India (Bagian 1)

0
3475

Melancong di India berarti menikmati suguhan destinasi yang kaya sejarah dan budaya tradisional. Namun bagi pejalan yang ingin menyaksikan lebih dekat ritual agama dan tradisi sakral, kunjungilah kota-kota suci ini untuk merasakan pengalaman berbeda.

  • Varanasi

Varanasi adalah salah satu dari tujuh kota suci Hindu dengan sejarah kuno. Dikenal sebagai kota Dewa Siwa, dewa pencipta dan perusak, diyakini bahwa siapa pun yang meninggal di sini akan dibebaskan dari siklus reinkarnasi. Hal menarik mengenai kota magis ini adalah ritualnya yang digelar terbuka di sepanjang ghat (tangga-tangga yang mengarah ke Sungai Gangga) dan dapat disaksikan pejalan.

Banyak peziarah melakoni perjalanan ke Varanasi untuk membasuh diri di sungai suci, Gangga, sekalian menyaksikan ritual Aarti, upacara melarungkan bunga ke sungai diikuti aksi melambaikan lampu minyak dengan gerakan tertentu sambil membacakan mantra. Ritual ini dapat disaksikan di beberapa kuil, yang berlangsung pada pagi dan malam hari.

  • Haridwar

Haridwar yang berarti gerbang menuju Tuhan, merupakan salah satu kota suci dan tertua di India. Terletak di kaki bukit Himalaya di Uttarakhand, tempat ini populer di kalangan peziarah Hindu yang datang untuk berenang di air suci Sungai Gangga, menghapus dosa-dosa mereka. Berbeda dengan Varanasi, air Sungai Gangga di Haridwar terlihat lebih bersih dan segar.

Mengunjungi area sekitar Sungai Gangga, pejalan akan menemukan sadhus (orang suci), pakar (pendeta Hindu), peziarah, pemandu, dan pengemis. Setiap malam, sungai menjadi hidup dengan ritual Aarti dan diakhiri dengan tradisi melarungkan lilin kecil ke sungai. Pertemuan keagamaan terbesar di dunia, Kumbh Mela, juga diadakan di Haridwar.

  • Rishikesh

Populer sebagai tempat kelahiran yoga, Rishikesh terletak tidak jauh dari Haridwar, dapat diakses kurang dari satu jam berkendara. Dikelilingi perbukitan di ketiga sisinya, kota ini memikat peziarah yang ingin mengenal aspek lain dari ajaran Hindu. Di sini tersedia banyak ashram (sejenis asrama) dan institut yoga bagi mereka yang ingin mencari pengetahuan atau sekadar menemukan kedamaian.

Tiap tahunnya, Rishikesh menggelar Festival Yoga Internasional (biasanya sekitar Maret), yang berlangsung selama seminggu. Ini merupakan pertemuan yoga tahunan terbesar di dunia, di mana peserta dapat mengambil bagian dalam program kelas yoga yang komprehensif dan diskusi malam bersama beberapa pemimpin spiritual terkemuka India. Ada juga kelas memasak vegetarian dan penggalangan dana amal Yoga Aid Challenge.

Teks: Priscilla Picauly

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here