Bandara Ini Raih Predikat Bintang Lima untuk Protokol Keamanan Covid-19

0
3244

Leonardo da Vinci–Fiumicino Airport di Roma, Italia menjadi bandara pertama yang meraih peringkat bintang lima dalam hal protokol keamanan Covid-19 dari Skytrax, organisasi pemberi peringkat bandara dan transportasi udara yang berbasis di London.

Bandara ini dianugerahi bintang lima berdasarkan responsnya dalam menghadapi pandemi Covid-19, termasuk menyemprotkan disinfektan, menerapkan jaga jarak fisik, serta menyediakan masker, cairan pembersih tangan, dan APD. Sistem pemeringkatan ini sendiri dilakukan oleh tim audit yang melakukan inspeksi di setiap bandara.

“Fiumicino Airport telah melakukan pekerjaan luar biasa dalam menerapkan protokol Covid-19, sehingga menciptakan lingkungan yang aman, baik bagi staf maupun para pelanggan,” kata CEO Skytrax Edward Plaisted dalam sebuah pernyataan.

“Konsistensi dari langkah-langkah ini juga penting, dan ini adalah faktor besar yang menjadikan Fiumicino Airport sebagai bandara pertama di dunia yang menerima peringkat bintang lima dalam hal protokol keamanan Covid-19.”

Awal bulan ini, Fiumicino Airport – yang merupakan bandara tersibuk di Italia – membuka pusat pengujian Covid-19 seluas 7.000 kaki persegi, yang dikelola dengan kerja sama Palang Merah Italia. Di area dengan lalu lintas tinggi, tim keamanan yang terdiri 40 orang memberlakukan aturan jaga jarak fisik dan memastikan semua orang mengenakan masker.

Sistem peringkat Skytrax menganggap bandara yang menerima bintang lima memiliki “standar yang sangat tinggi untuk prosedur kebersihan dan pemeliharaan bandara”. Empat bintang berarti “baik” dan tiga adalah “rata-rata”. Peringkat dua bintang menunjukkan bahwa prosedur Covid-19 bandara “perlu ditingkatkan”.

Hanya beberapa bandara yang sejauh ini telah diperiksa oleh Skytrax. Bandara lain yang sejauh ini telah ditinjau, yakni Heathrow, Malaga-Costa del Sol, dan Nice Cote d’Azur, masing-masing dianugerahi tiga bintang. Daftar lengkap peringkat ini tersedia secara daring di laman ini dan akan terus diperbarui saat perbatasan internasional dibuka kembali dan pihak Skytrax dapat mengunjungi lebih banyak bandara di seluruh dunia.

Skytrax juga membuat daftar bandara terbaik dunia setiap tahun, tetapi peringkat tahun ini dibatalkan karena pandemi. Selama delapan tahun berturut-turut, Changi Airport di Singapura terpilih sebagai Bandara Terbaik Dunia.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here