3 Resor di Hua Hin untuk Detoks Jiwa dan Raga

Seiring dengan tingginya tingkat stres masyarakat, terutama yang tinggal di kawasan kota besar, wisata kesehatan pun kian populer di kalangan pelancong. Jenis wisata ini tak sekadar menikmati pemandangan dan mengunjungi tempat-tempat populer, namun juga mengikuti sejumlah program kesehatan untuk memastikan sekembalinya dari liburan, jiwa dan raga pun kembali segar, selain beberapa kegiatan selama program pun tetap dapat dilanjutkan sendiri di rumah.

Hua Hin yang sudah lama populer sebagai tujuan akhir pekan bagi warga Thailand merupakan salah satu destinasi wisata kesehatan yang terkenal di Asia berkat kehadiran resor-resor tepi pantainya yang menawarkan berbagai program untuk kesehatan jiwa dan raga. Berikut beberapa di antaranya yang kami rekomendasikan.

Chiva-Som

Chiva-Som selama satu dekade terakhir telah konsisten meraih penghargaan sebagai salah satu tujuan spa terbaik di dunia. Memiliki jumlah ruang perawatan yang lebih banyak dari jumlah kamarnya, resor ini memang serius dalam memfasilitasi para tamunya yang sadar kesehatan, sehingga tak heran bila Chiva-Som menetapkan aturan unik, seperti konsumsi kopi hanya boleh maksimal dua cangkir sehari dan alkohol hanya tersedia saat malam. Penggunaan ponsel dan e-book reader pun dilarang di area publik, namun tersedia akses Wi-Fi di kamar dan perpustakaan bagi yang tak tahan mesti benar-benar terputus dari komunikasi online.

Foto: Dok. Chiva-Som

Chiva-Som memiliki 13 pilihan Retreat, atau paket menginap dengan durasi minimal tiga malam, yang masing-masing memiliki tujuan dan durasi yang berbeda, seperti menurunkan badan secara sehat dan terkontrol dengan tim kuliner yang menyajikan makanan kaya nutrisi dan ahli fisioterapi yang bakal memandu untuk mendapatkan postur tubuh yang benar – hingga membantu penderita migrain dan sakit kepala untuk menemukan kembali stabilitas tubuh mereka melalui meditasi, olahraga, maupun pijat.

Foto: Dok. Chiva-Som

Dengan beragam kelas dan menu pijat, serta berbagai fasilitas mewahnya, termasuk pusat kebugaran, boot camp di tepi pantai, kolam watsu, kolam apung, kolam renang dalam ruang, ruang sauna, jacuzzi, hingga paviliun yoga di ruang terbuka – bila ingin menikmati liburan sehat dalam satu atap, inilah tempatnya.

The Barai

The Barai tak hanya menawarkan delapan unit hunian ekslusif yang masing-masing dilengkapi pelayan pribadi, namun juga fasilitas spa pemenang penghargaan dengan 18 ruang perawatan – sehingga tamu pun dapat menginap sekaligus mengikuti berbagai program kesehatan di lokasi yang sama.

Foto: Dok. The Barai

Masing-masing ruang perawatan yang tersedia untuk satu maupun dua orang ini memiliki kolam renang privat, ranjang untuk relaksasi dan perawatan tradisional Thailand, ruang ganti, dan meja rias. Tiga ruang di antaranya juga memiliki perawatan hidroterapi mewah dengan penambahan ruang mandi uap.

Foto: Dok. The Barai

Selain berbagai pilihan perawatan spa, The Barai juga memiliki lima program Lifestyle Collection yang masing-masing dirancang untuk menciptakan perubahan perilaku dan gaya hidup sehat yang berkelanjutan. Terdiri tiga, lima, atau tujuh hari, program standarnya sudah termasuk makan, konsultasi kesehatan, analisis komposisi tubuh, pelayan pribadi, ruang uap dengan aromaterapi dan mandi susu, serta akses ke area relaksasi dan sundeck di tepi pantai.

Anantara Hua Hin Resort & Spa

Memiliki rancangan yang terinspirasi desa tradisional Thailand dengan paviliun beratap runcing dan bertingkat rendah yang dibangun di sekeliling pepohonan rimbun dan kolam renang berbentuk laguna, resor tepi pantai yang mewah ini terutama terkenal dengan fasilitas spanya yang terletak tersembunyi di balik tembok tinggi dengan akses melalui jalan kayu panjang di samping kolam teratai.

Foto: Dok. Anantara Hua Hin Resort & Spa

Di dalam, ada delapan ruang perawatan yang tampak seperti istana mini dengan halaman yang dilengkapi bak terbuka yang besar. Warna cokelat mendominasi tempat ini dan suasananya kondusif untuk menenangkan saraf yang lelah.

Foto: Dok. Anantara Hua Hin Resort & Spa

Anantara Hua Hin Resort & Spa juga menawarkan beberapa program kesehatan, seperti De-Stree & Rejuvenate yang merupakan perawatan spa selama satu hari penuh untuk melepas stres sekaligus mencerahkan kulit, Detox & Unwind yang bertujuan untuk detoksifikasi, maupun Health & Wellness dengan sesi yoga atau Muay Thai sebelum pijat. Penyuka kegiatan aktif pun dapat menikmati kegiatan seru, seperti selancar layang, kayak, dan snorkeling di sekitar Koh Talu.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here