Tak Kalah dengan Belanda, Jepang Juga Punya Taman Tulip di Tonami

0
3143

Terletak dekat Takaoka di Prefektur Toyama, Tonami yang tenang dengan jumlah penduduk tak lebih dari 50.000 jiwa ini terkenal dengan taman tulipnya yang menawarkan pemandangan bak Taman Keukenhof di Belanda. Karena itu, bila kebetulan berada di kawasan ini, jangan lewatkan kunjungan ke Tonami Tulip Park yang memiliki beragam tulip dari empat musim.

Setiap musim semi, taman tersebut menggelar Tulip Fair, festival tulip yang disebut-sebut sebagai festival tulip terbesar di Jepang dengan menampilkan tiga juta bunga tulip yang mekar. Ke mana pun mata memandang, yang terlihat hanyalah hamparan tulip warna-warni.

Selama festival, pengunjung tak hanya dapat menjelajahi taman tersebut untuk menikmati keindahan tulip, namun juga mencicipi sejumlah makanan tradisional yang tersedia di kios-kios makanan di sekitar taman, seperti es krim rasa bunga, selain membeli aneka suvenir untuk oleh-oleh.

Taman ini sendiri dibagi dalam beberapa area yang mencakup beberapa petak bunga besar dengan sejumlah tulip warna-warni yang dapat dilihat dari berbagai platform yang ditinggikan, termasuk menara observasi berbentuk tulip. Tak hanya itu, ada pula kolam indah dengan flower bed yang mengapung, area khusus yang menampilkan ratusan jenis tulip dengan penjelasannya dalam bahasa Jepang, serta Tulip Aroma Garden dengan beberapa jenis tulip yang wanginya harum.

Pengunjung juga dapat menuju Tonami Tulip Gallery, satu-satunya museum tulip di Jepang yang menyajikan informasi tentang sejarah penemuan tulip, penyebaran, hingga jenis-jenisnya. Museum ini terbuka kapan saja, sehingga memungkinkan pengunjung untuk menikmati keindahan tulip di dalam ruangan sepanjang tahun.

Sempat dibatalkan tahun ini, Tulip Fair kemungkinan besar akan digelar kembali tahun depan, dengan pihak pengelola taman yang berencana menutup Tonami Tulip Park sementara mulai 12 hingga 21 April dan 6 hingga 8 Mei untuk mempersiapkan gelaran Tonami Tulip Fair.

Tiket masuk Tonami Tulip Park 1.300 yen per orang dewasa dan 200 yen per anak usia SD hingga SMP. Untuk mencapai Tonami, naiklah kereta JR Johana Line dari Takaoka Station atau Shin-Takaoka Station ke Tonami Station dengan durasi sekitar 20 hingga 25 menit dan frekuensi kereta satu jam sekali. Setibanya di Tonami Station, dapat berjalan kaki sejauh satu kilometer ke Tonami Tulip Park. Bila Tulip Fair sedang digelar, tersedia shuttle bus gratis yang mengantarkan pengunjung ke taman tulip tersebut.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here