10 Taman Nasional Terpopuler yang Diunggah di Instagram

0
3085

Pandemi membatasi ruang gerak para pejalan untuk menikmati kekayaan alam yang terbentang di taman-taman nasional terbaik dunia. Walau tak dapat mengunjungi dan memuji langsung keindahan lanskapnya, pejalan di rumah dapat tetap “mengunjungi” taman nasional melalui unggahan foto di Instagram.

Melalui tagar yang dipasang relevan dengan foto taman nasional hasil unggahan di media sosial, dapat dianalisis taman nasional paling populer di dunia. Inilah 10 taman nasional terpopuler di dunia, yang mendapat perhatian dari warganet di Instagram.

Diberi predikat sebagai taman nasional yang populer dengan data 3.648.494 kali disebutkan dalam unggahan di Instagram, Grand Canyon yang bersejarah sudah mulai terbentuk sejak 70 juta tahun lalu. Berita terkini, para peneliti di University of Nevada, Las Vegas menerbitkan laporan tentang penemuan jejak kaki fosil berusia 313 juta tahun di Grand Canyon, yang kemungkinan berasal dari hewan bertelur.

Berada di peringkat kedua dengan jumlah unggahan mencapai 2.897.973, Yosemite National Park menawarkan tur virtual bagi pejalan #dirumahaja selama pandemi berlangsung. Setiap Februari, ribuan wisatawan memenuhi area sekitar Horsetail Fall untuk melihat fenomena air terjun api atau firefall yang berwarna merah menyala, seperti api yang mengalir turun dari celah-celah bebatuan.

Lake District membutuhkan lebih dari dua juta tahun untuk membuat glasiasi. Sebelum abad ke-19, Lake District dianggap sebagai daerah berbahaya dan terpencil, namun melalui puisi William Wordsworth, membantu mengubah persepsi lanskap Lake District yang liar. Keindahannya yang menakjubkan berhasil mencuri perhatian pejalan yang menyebutnya sebanyak 2.571.048 kali di Instagram.

Jutaan orang mengunjungi Banff (yang disebutkan sebanyak 2.410.547 kali di Instagram) setiap tahunnya dan mayoritas datang antara Juli hingga Agustus. Namun, berkunjung di luar musim panas berarti akan melewatkan sejumlah program menarik, seperti teater, opera, pertunjukan tari, musikal, juga hamparan bunga liar yang mekar dari awal Juli hingga pertengahan Agustus.

Disebutkan sebanyak 1.399.905 kali di Instagram, Yellowstone National Park merupakan rumah bagi konsentrasi geiser dan mata air panas tertinggi di dunia, yang menjadi lokasi Grand Prismatic Spring berada. Area ini memiliki suhu terlalu panas untuk sebagian besar organisme, yakni sekitar 97 derajat Celsius, dan merupakan kolam air panas dengan warna-warni yang menandakan perbedaan suhu dan variasi kehidupan miskroskopis yang berbeda.

Menarik atensi hingga 962.438 mentions di Instagram, Zion National Park yang sudah berdiri sejak 1919, berada di negara bagian Utah. Bentangan alam di taman nasional ini mencakup pegunungan, butte (bukit kecil yang datar atau runcing), mesa (bukit berukuran sedang dan datar), monolit, sungai, ngarai, dan lengkungan alami.

Kembali Amerika Serikat menyumbang satu taman nasional yang populer di ranah Instagram dan berhasil disebutkan sebanyak 709.325 kali. Didirikan pada 1910, pengunjung dapat mengikuti tur sambil menaiki bus merah bersejarah yang disebut Jammers, yang diperkenalkan sejak 1930-an untuk mengurangi lalu lintas kendaraan di area taman nasional.

Dengan mengunduh aplikasi gratis Chile 360, pejalan di rumah dapat menikmati tur virtual mengunjungi Torres del Paine National Park, Cagar Biosfer UNESCO yang dianggap sebagai salah satu tempat terindah di dunia. Disebut sebanyak 568.364 kali di Instagram, Torres del Paine National Park memiliki rute favorit yang kerap didaki para petualang, yakni Rute W dengan jarak total sekitar 73 kilometer, yang dapat ditempuh selama empat hingga enam hari.

Satu perwakilan dari tanah Afrika, ada Kruger National Park yang masuk daftar taman nasional terpopuler di Instagram dan meraih 567.909 mentions. Kruger National Park adalah rumah bagi lebih dari 12.000 gajah, 27.000 kerbau Afrika, 1.000 macan tutul, dan banyak satwa liar lainnya. Pengemudi pertama memasuki taman nasional pada 1927, dengan biaya masuk hanya satu poundsterling.

Peringkat sepuluh ditempati Rocky Mountain National Park yang meraih angka mentions 536.808, tentu saja karena predikatnya sebagai taman nasional tertinggi di Amerika Serikat, yang membuat pengunjung seperti berada di puncak dunia. Saat kebanyakan orang mendatanginya pada musim panas, Rocky Mountain terlihat magis saat musim dingin yang sepi dan menyenangkan untuk bermain ski atau kereta luncur melintasi danau indah yang tertutup es tebal.

Teks: Priscilla Picauly

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here