Pertama Kali ke Selandia Baru? Kunjungi 5 Tempat Ini

0
3025

Meski wilayahnya terbilang kecil, Selandia Baru terdiri dari dua pulau, yakni Pulau Utara dan Pulau Selatan, selain banyak pulau lainnya yang terletak di lepas pantai, sehingga penting untuk merencanakan perjalanan dengan baik sebelum kemari. Bagi yang baru pertama kali ke Selandia Baru, inilah lima tempat yang harus dikunjungi.

  • Auckland

Sebagai pintu gerbang wisatawan yang masuk ke Selandia Baru di Pulau Utara, Auckland menawarkan banyak atraksi bagi semua orang. Pecandu adrenalin dapat mencicipi berjalan atau meloncat dari Sky Tower setinggi 192 meter yang merupakan gedung tertinggi di Auckland.

Bila pergi bersama keluarga, anak-anak akan senang diajak berkeliling lahan seluas 17 hektar untuk melihat aneka hewan endemik Selandia Baru di Auckland Zoo. Sedangkan pasangan berbulan madu dapat bermalas-malasan sambil menikmati kecantikan pantai dan kebun anggur di Pulau Waiheke yang dapat ditempuh hanya 35 menit naik feri dari Auckland. Itu semua masih ditambah berbagai restoran yang menyajikan berbagai hidangan fusion Asia dari bahan-bahan terbaik.

  • Rotorua

Masyarakat Selandia Baru menjunjung tinggi kiwitanga, yaitu nilai-nilai yang memadukan kearifan lokal Maori dan modernitas budaya Barat. Salah satu tempat terbaik untuk mengenal lebih dekat budaya Maori yang telah dikemas dalam paket tur yang komprehensif adalah di Rotorua.

Terletak sekitar dua jam naik mobil atau bus dari Auckland, Rotorua merupakan tempat tinggal nenek moyang suku Maori Te Arawa 600 tahun lalu. Rotorua yang terletak di plato vulkanik yang aktivitas geotermalnya masih aktif ini memiliki tradisi hangi, yaitu memasak dengan menggunakan panas bumi, selain tradisi perawatan tubuh di mata air panasnya yang menyegarkan.

  • Queenstown

Salah satu destinasi primadona di Selandia Baru, Queenstown terletak di tepi Danau Wakatipu yang dibingkai pemandangan menakjubkan. Mengedepankan wisata petualangan dengan memanfaatkan lanskapnya yang unik, Queenstown adalah tempat untuk melakukan bungy jumping, sky diving, canyon swinging, jet boating, horse trekking, dan rafting sepanjang tahun.

Di musim dingin, tempat ini banyak dipadati pengunjung yang ingin melakukan ski. Itu semua dipadukan dengan pilihan untuk memanjakan diri dengan perawatan spa, retail therapy, dan wisata kuliner.

  • Wanaka

Danau seluas 193 kilometer persegi yang berair jernih ini merupakan tempat yang sempurna untuk mencicipi pengalaman jetboating, kayaking, hiking, canyoning, dan skydiving. Berada di lereng pegunungan di Pulau Selatan, di musim dingin tempat ini terkenal sebagai destinasi ski dan snowboarding.

Berada di Wanaka, Anda juga dapat merasakan kehangatan khas kota kecil yang servisnya sekelas destinasi liburan kelas dunia. Wanaka pun memiliki beragam pilihan akomodasi, mulai dari resor mewah, bed and breakfast butik, family holiday park, hingga penginapan kelas backpacker yang ramah di kantong.

  • Nelson

Terletak di ujung barat laut Pulau Selatan, Nelson merupakan wilayah yang paling bermandikan matahari di Selandia Baru. Geografi tempat ini juga bervariasi, mulai dari pantai berpasir putih hingga hutan perawan dan pegunungan liar yang masih belum tereksplor. Karena alamnya yang cantik inilah Nelson adalah tempat berkumpulnya para pekerja kreatif.

Terdapat sekitar 350 seniman dan pekerja seni yang tinggal di sini dan bila ingin berburu karya seni tradisional, kontemporer, atau Maori, di sinilah tempatnya. Nelson juga tempatnya untuk bermalas-malasan di bawah sinar matahari sambil menikmati kesegaran scallop yang terkenal dari Nelson Bay.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here