10 Restoran Tertua di Dunia, 2 di Antaranya Ada di Asia

0
2932

Seiring bergantinya tahun, tren makanan pun terus berubah. Masih ingat dengan dessert box dan garlic cheese bread yang kemudian resepnya bertebaran di Internet? Atau bakso lobster dan es krim rasa Indomie yang baru-baru ini viral di media sosial?

Namun, menu-menu kreasi baru ini biasanya akan turun pamor seiring waktu, kalah populer dengan masakan legendaris yang sudah bertahan lebih lama dan telah melekat di hati warganya. Tentu saja, tempat terbaik untuk menemukan masakan legendaris ini adalah di restoran yang telah beroperasi selama beberapa waktu.

Untuk memudahkan para pencinta kuliner di dunia menemukan restoran ini, NetCredit kemudian merilis daftar restoran tertua di dunia yang tersebar di lebih dari 115 negara. Untuk masuk ke dalam daftar ini, restoran tersebut harus beroperasi selama beberapa ratus tahun, dan masih buka hingga saat ini meski telah berganti nama, kepemilikan, ataupun telah melalui renovasi beberapa kali sejak saat pembukaannya.

Inilah daftar lengkap 10 restoran tertua di dunia.

10. Gostilna Gastuž, Slovenia (1467)
Menu khas: sup jamur dan bubur soba

9. Honke Owariya, Jepang (1465)
Menu khas: mi soba buatan sendiri yang disajikan dengan jamur shiitake, irisan telur dadar, tempura udang, nori, daun bawang, lobak, dan wasabi

8. Hotel Gasthof Löwen, Liechtenstein (1380)
Menu khas: irisan daging sapi ala Zurich dengan rösti (semacam hash browns) dan sayuran

7. The Sheep Heid Inn, Skotlandia (1360)
Menu khas: steik yang disajikan dengan kentang goreng dan jamur panggang

6. La Couronne, Prancis (1345)
Menu khas: pressed duck, iga panggang, dan escargot klasik

5. The Brazen Head, Irlandia (1198)
Menu khas: bangers and mash (sosis dengan kentang tumbuk)

4. Ma Yu Ching’s Bucket Chicken House, Cina (1153)
Menu khas: chicken bucket dengan saus spesial

3. The Old House, Wales (1147)
Menu khas: Old House Pie (pai yang disajikan dengan keripik dan kacang polong)

2. Wurtskuchl, Jerman (1146)
Menu khas: sosis panggang dan sauerkraut

1. St. Peter Stiftskulinarium, Austria (803)
Menu khas: tafelspitz (daging sapi rebus dengan apel cincang dan lobak)

Dari sepuluh restoran tersebut, St. Peter Stiftskulinarium adalah yang paling spesial. Tak cuma beroperasi paling lama, NetCredit mencatat bahwa restoran ini pernah menerima Wolfgang Amadeus Mozart dan Clint Eastwood sebagai tamu.

Di Indonesia sendiri, restoran Wong Fu Kie yang menyajikan kuliner Hakka diakui sebagai yang tertua, dengan telah dibuka sejak 1925. Sementara di negara tetangga, restoran tertua yang bisa dikunjungi antara lain Tiffin Room, Singapura (1892); Coliseum Cafe, Malaysia (1921); Chop Jing Chew, Brunei (1946); Tek Heng, Thailand (1890); Cha Ca La Vong 14, Vietnam (1871); New Toho Food Center, Filipina (1888); dan Grossi Florentino, Australia (1928).

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here