La Isla de las Muñecas, Pulau Boneka Penuh Misteri di Meksiko

0
2644

Island of the Dolls, atau La Isla de las Muñecas dalam bahasa setempat, terkenal karena ratusan boneka yang memenuhi pulau tersebut. Meski terlihat seperti latar film horor, pulau buatan ini tadinya merupakan rumah seorang lelaki bernama Don Julian Santana.

Sekitar setengah abad yang lalu, Don Julian meninggalkan istri dan anaknya untuk pindah ke sebuah pulau di Danau Teshuilo di kanal Xochimilco. Suatu hari, ia menemukan tubuh seorang gadis di kanal dekat pulau tersebut. Menurut beberapa orang, kisah tersebut memang benar nyatanya, sementara yang lain, termasuk kerabatnya, mengatakan Don Julian hanya membayangkan kejadian tersebut.

Terlepas dari kebenarannya, Don Julian kemudian mengabadikan hidupnya untuk mengenang meninggalnya gadis tersebut dengan cara yang unik, menarik, dan – bagi beberapa orang – menyeramkan: ia mulai mengumpulkan dan menggantungkan boneka di seluruh penjuru pulau untuk mengusir roh jahat.

Don Julian Santana mengumpulkan boneka dari kanal-kanal dan sampah di dekat rumahnya. Ia bahkan menjual hasil bumi yang ia tanam demi membeli lebih banyak boneka.

Kebanyakan boneka yang ia temukan dalam kondisi kotor dan rusak – entah mata atau anggota tubuh lainnya hilang – namun Julian tidak berusaha membersihkan atau memperbaikinya, melainkan langsung menggantungkannya. Bahkan bila boneka tersebut ditemukan dalam kondisi baik, angin dan cuaca perlahan mengubah wujud asli boneka tersebut menjadi lebih lusuh.

Don Julian juga memenuhi kabin tempat tinggalnya dengan boneka, yang ia dandani dengan pita, kacamata, dan akesori lainnya. Meski banyak yang menganggap boneka tersebut tampak menyeramkan, Don Julian merasa kalau boneka tersebut justru merupakan pelindung. Semasa hidupnya, ia dengan ramah menyambut pengunjung yang penasaran ke pulau tersebut, lalu mengajak mereka berkeliling pulau.

Pada 2001, Julian ditemukan tenggelam di lokasi yang sama tempat ia menemukan tubuh seorang gadis lima puluh tahun yang lalu, dan sejak saat itu pulau ini semakin populer dengan pengunjung yang membawa lebih banyak boneka. Beberapa yang lain mengganti pakaian boneka tersebut yang mulai kotor, sementara yang lain menempatkan persembahan di sekitar boneka dengan harapan mendapat keberuntungan.

Di pulau ini juga terdapat museum kecil yang menyimpan beberapa artikel dari koran lokal tentang pulau tersebut dan pemilik sebelumnya, selain juga boneka pertama yang Julian koleksi dan boneka favoritnya.

Akses: Cara terbaik untuk mencapai pulau ini adalah dengan berkendara ke Embarcadero Cuemanco Xochimilco (sekitar setengah jam dari pusat kota Meksiko), kemudian naik kapal ke Island of the Dolls.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here