Merugi Akibat Corona, Menara London Terancam Kehilangan Prajuritnya yang Ikonis

0
2194

Sama halnya dengan tempat-tempat wisata di seluruh dunia, berbagai landmark kuno di London mesti mengalami kerugian besar setelah tak beroperasi selama berbulan-bulan akibat pandemi Covid-19.

Bahkan kini badan amal yang mengelola beberapa situs paling bersejarah di kota tersebut, termasuk Menara London, Istana Hampton Court dan Banqueting House, telah memperingatkan bahwa mereka harus memberhentikan sejumlah Beefeaters (penjaga yang mengenakan seragam bergaya Tudor) di Menara London dan staf lain karena kekurangan dana.

Historic Royal Palaces, yang mengelola lima situs di London dan satu situs di Irlandia Utara, mengatakan pendapatannya telah berkurang lebih dari 85 persen dan tidak memenuhi syarat untuk menerima pendanaan bisnis dari pemerintah Inggris karena statusnya sebagai badan amal. Organisasi seperti ini biasanya dibiayai oleh penjualan tiket, keanggotaan, acara, dan sponsor, tetapi penutupannya selama tiga bulan telah memotong sumber pemasukan ini, membuat HRP tak punya pilihan selain mesti memotong gaji para stafnya.

GMB London, sebuah serikat umum dengan lebih dari 600.000 anggota, termasuk beberapa Beefeaters, meminta pemerintah untuk turun tangan dan menyelamatkan pekerjaan dari ratusan karyawan yang berisiko redundansi.

“Anggota kami di HRP dan keluarga mereka adalah prioritas yang jauh lebih besar daripada perhiasan, mortir, dan bangunan berusia ratusan tahun yang mereka jaga,” kata Mick Ainsley, Regional Organizer GMB London dalam sebuah pernyataan.

Beefeaters yang ikonis, yang juga dikenal sebagai Yeomen Warders, telah menjaga Menara London dan Mahkota Permata Inggris sejak abad ke-15. Seiring berjalannya waktu, menara tersebut sudah tak lagi berfungsi sebagai penjara, dan alat pengamanan barang berharga di dalamnya pun sudah sangat canggih, sehingga peran prajurit menara ini berkurang.

Peran mereka lebih sebagai atraksi saat prosesi pergantian penjaga, selain juga sebagai pemandu wisata bagi pengunjung yang ingin mengetahui sejarah Menara London lebih dalam. Namun, jangan anggap remeh mereka, karena untuk mendapatkan posisi sebagai Beefeaters ini sendiri tak mudah. Mereka harus melayani setidaknya 22 tahun di Angkatan Bersenjata Inggris.

Saat ini, ruangan terbuka di Istana Hampton Court dan Kastel Hillsborough telah dibuka untuk pengunjung, dan situs-situs lain kemungkinan dapat dikunjungi per awal Juli sesuai instruksi terbaru dari pemerintah.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here