Paket Bundling Tiket Hotel dan Pesawat, Layak Dibeli?

0
2128

Pandemi corona yang tengah berlangsung selama beberapa bulan terakhir ini menyebabkan banyak orang mesti menunda perjalanan mereka untuk sementara waktu. Tak sedikit pula yang merasa frustasi karena baru pertama kali berhadapan dengan hal seperti ini. Mereka mesti mengirim surel atau menghubungi banyak pihak, mulai dari maskapai, hotel, hingga operator tur, untuk membatalkan tiket mereka dan mengajukan pengembalian dana.

Sementara bagi pelancong lain yang telah membeli paket bundling tiket hotel dan pesawat, mereka cukup menghubungi satu pihak saja untuk menunda perjalanan mereka. Namun, biasanya pihak penjual paket bundling ini memiliki kebijakan sendiri terkait pembatalan dan pengembalian uang.

Dilansir dari USA Today, inilah beberapa plus dan minus dalam membeli paket bundling tiket hotel dan pesawat.

Kelebihan Paket Bundling

  • Biaya bisa lebih rendah

Harga paket bundling untuk tiket hotel dan pesawat biasanya lebih murah, sehingga pelancong dapat lebih menghemat bujet perjalanan mereka. Penghematan ini bahkan bisa mencapai beberapa juta rupiah, yang tentunya sangat membantu bila anggaran Anda terbatas.

  • Diskon menarik untuk pemesanan di menit terakhir

Paket bundling terutama menarik bagi orang yang suka bepergian secara spontan. Bila dipesan tanpa paket bundling, harga tiket pesawat relatif lebih tinggi saat dipesan mendekati hari atau jam keberangkatan. Karena itu, untuk pemesanan di menit terakhir, lebih murah bila membeli paket bundling.

  • One-stop shopping

Saat merencanakan perjalanan, banyak hal yang harus dipesan, mulai dari tiket pesawat, hotel, sewa mobil, hingga tempat-tempat wisata. Dengan paket bundling, beban Anda sedikit berkurang karena setidaknya pembelian tiket hotel dan pesawat bisa dilakukan dalam satu kali transaksi. Beberapa operator tur malah menawarkan paket bundling tiket pesawat, hotel, dan rental mobil di kota tujuan, yang tentunya lebih memudahkan Anda dalam merancang liburan.

  • Bisa sekalian membeli asuransi perjalanan 

Paket bundling juga berguna bila suatu saat nanti Anda mesti menunda perjalanan karena hal-hal yang tak bisa dihindari. Saat membeli tiket hotel dan pesawat secara bundling, Anda bisa langsung menambahkan asuransi perjalanan untuk pembelian tersebut dan menyelesaikan semua pemesanan dalam satu kali transaksi. Sementara bila membelinya secara terpisah, Anda harus memesan asuransi perjalanan dari banyak pihak, mulai dari hotel, maskapai, atau bahkan pihak ketiga.

Kekurangan Paket Bundling

  • Lebih sedikit pilihan untuk opsi penginapan non-tradisional

Paket bundling bukan opsi terbaik bila Anda ingin menginap di akomodasi yang unik, seperti hotel-hotel butik di pinggiran kota atau B&B yang dikelola warga setempat. Biasanya, paket bundling menawarkan hotel-hotel modern dengan lokasi yang dekat bandara atau terletak di pusat keramaian kota.

  • Kurang fleksibel dalam hal pengubahan atau pembatalan perjalanan

Sayangnya, paket bundling untuk pemesanan hotel dan pesawat dari vendor pihak ketiga ini juga kurang fleksibel dalam hal pengubahan atau pembatalan perjalanan. Harga untuk pembatalannya pun bisa mahal. Meski asuransi perjalanan dapat membantu, hal tersebut bukan jaminan kalau perjalanan yang dibeli secara bundling dapat diubah atau dibatalkan secara mudah.

  • Biaya pembatalan dapat bervariasi

Salah satu kekurangan pembelian paket secara bundling – terutama dalam periode yang tidak pasti seperti pandemi Covid-19 – adalah kebijakan dan biaya pembatalannya dapat bervariasi. Misalnya, pihak ketiga yang menjual paket tersebut bisa saja memberikan penalti sekitar Rp500.000 hingga Rp2.500.000 per orang di luar yang dibebankan pihak hotel dan maskapai penerbangan. Memang dengan situasi saat ini, banyak operator yang akhirnya melepaskan sebagian besar atau bahkan membebaskan biaya pembatalan tersebut karena pihak hotel atau maskapai juga tidak membebankan biaya tersebut. Namun, bukan berarti hal tersebut akan terus berlangsung di masa mendatang.

Tip Membeli Paket Bundling

  • Waspadalah terhadap pengecualian dalam polis asuransi

Bacalah baik-baik polis asuransi perjalanan yang ditawarkan dalam paket bundling. Bila Anda membeli asuransi perjalanan yang sudah mencakup pembatalan perjalanan untuk alasan apa pun, ingatlah bahwa hanya pembatalan untuk pembelian hotel dan tiket yang ditanggung, sementara pesanan yang Anda lakukan di operator lain, seperti tiket tur dan rental mobil, tidak akan ditanggung.

  • Pastikan harga kompetitif dan waspadai biaya tambahan

Meskipun paket bundling hotel dan pesawat biayanya bisa lebih rendah, namun Anda tetap harus melakukan riset agar tidak merasa tertipu. Carilah hotel atau penerbangan yang sama di situs kompetitor lain untuk memastikan Anda benar-benar mendapatkan harga diskon. Cek juga apakah ada biaya tambahan lain di luar harga paket bundling, dan cari tahu biaya totalnya. Hal ini terutama memudahkan Anda untuk melakukan riset harga.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here