Indonesia Berencana Buka Gelembung Perjalanan dengan 4 Negara Ini

Pemerintah Indonesia tengah menyusun rencana pembuatan travel bubble atau gelembung perjalanan yang memungkinkan dimulainya kembali perjalanan antarnegara. Ada empat negara yang dilibatkan dalam gelembung perjalanan ini, yaitu Cina, Korea Selatan, Jepang, dan Australia. Pembukaan gelembung perjalanan ini merupakan upaya pemulihan ekonomi setelah sektor pariwisata terpukul keras akibat pandemi Covid-19. 

Keempat negara tersebut memiliki peran yang sangat penting bagi perekonomian Asia Tenggara karena menyumbang sebagian besar wisatawan dan arus masuk investasi. Cina dan Jepang menyumbang lebih dari sepertiga investasi langsung ke Indonesia pada 2019. Bersama dengan Australia, Cina juga menyumbang lebih dari 20 persen wisatawan asing pada tahun lalu. Pembukaan gelembung perjalanan dengan keempat negara ini akan menjadi prototipe sebelum Indonesia membuka perbatasannya bagi wisatawan dari negara-negara lainnya. 

Saat ini, pemerintah Indonesia tengah berdiskusi untuk menetapkan berbagai kriteria dalam pembukaan gelembung perjalanan. Setelah kriteria ditetapkan, negoisasi dengan keempat negara tujuan tersebut akan dijalankan selama dua hingga empat minggu. Diharapkan, gelembung perjalanan akan dapat segera dibuka setelah kesepakatan tercapai. Dalam tahap awal ini, target utama dalam gelembung perjalanan adalah untuk para pebisnis. Namun dipercaya bahwa wisatawan secara alamiah akan kembali berkunjung dengan adanya gelembung perjalanan ini. 

Penerapan gelembung perjalanan juga akan mendorong adanya penerbangan langsung ke Indonesia. Hal ini dilakukan untuk menghindari transit agar dapat menekan potensi penularan virus corona. Penerbangan langsung seperti dari Seoul ke Jakarta, Seoul ke Bali, atau Osaka ke Bali menjadi salah satu perhatian pemerintah dalam penerapan gelembung perjalanan ini. 

Pembukaan gelembung perjalanan menjadi tren terbaru dalam upaya membangkitkan kembali industri pariwisata. Beberapa negara yang mulai bereksperimen dengan gelembung perjalanan adalah Australia dan Selandia Baru, meski hingga kini belum ada tanggal pasti kapan hal tersebut akan dimulai. Negara-negara Baltik, yaitu Estonia, Latvia, dan Lithuania juga sudah membentuk gelembung perjalanan di antara ketiganya. 

Negara-negara tersebut cenderung memiliki kasus positif corona yang semakin melandai hingga pemerintah berani membuka gelembung perjalanan. Di sisi lain, kasus positif harian di Indonesia masih terus mengalami peningkatan. Data terakhir yang diumumkan pada 14 Juni menunjukkan adanya penambahan 857 kasus baru. Total kasus positif Covid-19 di Indonesia telah mencapai 38.277 dengan angka kematian sebesar 2.134. 

Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here