September, Waktu Terbaik untuk Mengenal Tradisi Italia

0
1444

September adalah waktu terbaik untuk mengunjungi Italia, selain temperatur yang masih nyaman untuk berada di luar ruangan, kerumunan turis yang mulai berkurang, dan yang utama adalah maraknya sejumlah festival yang sudah berlangsung selama bertahun-tahun. Inilah waktu terbaik untuk mengenal budaya Italia, bersenang-senang bersama warga lokal yang dikenal ramah dengan pendatang. Apa saja keseruan festival yang dapat dinikmati pendatang di bulan kesembilan itu?

Regatta Storica, Venesia

Balapan kapal bersejarah yang berlangsung di Minggu pertama September ini menjadi ritual penting bagi warga Venesia. Perlombaan terdiri empat kategori, yaitu anak, perempuan, laki-laki menggunakan perahu dengan enam dayung dan di akhir balapan akan bertanding dengan perahu dua dayung. Yang menjadikan Regatta Storica ini berbeda dari balapan serupa adalah parade perahu bergaya abad 16 yang didekorasi indah, dengan pendayung berkostum yang memenuhi kanal. Bagi penonton dan mereka yang ingin memotret keseruan festival, dapat menaiki perahu motor dan gondola yang berbaris di kanal-kanal. Banyak hotel di Venesia memiliki kapal khusus yang dijadwalkan untuk mengangkut tamu-tamu mereka ke kanal untuk menyaksikan Regatta Storica.

Venice International Film Festival (Venice Lido)

Venesia kembali menjadi tuan rumah salah satu festival bergengsi di dunia, Venice International Film Festival yang biasa berlangsung awal September. Acara bertabur bintang-bintang film ternama ini adalah festival film tertua di dunia dan merupakan satu dari tiga festival film besar, selain Festival Film Cannes dan Festival Film Internasional Berlin. Festival ini menampilkan karya-karya yang sedang naik daun dari seluruh dunia. Festival ini juga menghadirkan retrospektif dan penghargaan kepada tokoh-tokoh industri film yang berperan dalam sejarah perfilman dunia.

Rievocazione Storica, Cordovado

Cordovado yang berada di wilayah Friuli-Venesia, menciptakan kembali pernikahan ningrat dari tahun 1571, yang digelar di Minggu pertama September. Perayaan pernikahan termasuk kompetisi memanah dan turnamen yang diikuti seluruh distrik di kota tersebut. Kota Cormons di wilayah yang sama juga mengadakan pawai Renaissance yang berlangsung di waktu yang sama.

Macchina di Santa Rosa, Viterbo

Festival besar di Viterbo yang berlokasi di utara Roma ini, diadakan setiap 3 September. Ini merupakan prosesi bersejarah membawa relikui yang konon berisi jantung santo pelindung mereka, Santa Maria Rosa. Prosesi berlangsung sehari sebelumnya, di mana para peserta mengenakan kostum dari abad ke-13 hingga ke-18. Hari berikutnya, Macchina, sebuah menara berlampu setinggi sekitar 30 meter dengan patung Santa Maria Rosa di bagian atasnya, diarak mengitari jalan-jalan di Viterbo. Lebih dari 100 orang membawa patung di pundak mereka, yang beratnya hampir mencapai lima ton dan mesti menempuh jarak satu kilometer.

Festival Madonna of the Sick, Misterbianco

La Festa Della Madonna Degli Ammalati atau lebih dikenal dengan nama Festival Madonna of the Sick, dirayakan tiap akhir pekan pertama September di kota Sisilia, Misterbianco. Festival ini diadaka untuk memperingati keajaiban tempat kudus yang diselamatkan dari kehancuran saat Gunung Etna meletus pada 1669, yang mengakibatkan seluruh kota ditutupi lava. Perayaan berjalan selama lima hari, mulai dari Kamis malam dan berakhir dengan pertunjukan kembang api.

Teks: Priscilla Picauly

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here