Selama #DiRumahAja, Mari Bersihkan Perlengkapan Travel Anda!

0
1440

Sudah berapa lama sejak Anda menyentuh perlengkapan travel yang tersimpan di pojok-pojok rumah? Sekarang adalah waktu yang tepat untuk mengeluarkan perlengkapan ini kembali dan mulai membersihkannya. Ketika aturan pembatasan perjalanan berakhir, Anda akan siap untuk kembali bepergian dengan perlengkapan travel yang bersih!

Berikut beberapa tip untuk membersihkan perlengkapan travel Anda.

  1. Koper

Baik itu koper hard shell maupun soft side, mulailah bersihkan koper dari dalamnya. Pastikan koper Anda bebas dari debu dan sisa-sisa kotoran. Bila perlu, buka semua kantongnya dan guncangkan sambil membalik koper. Bagian dalam dan kantong-kantong koper memang sering terlewatkan ketika membersihkan koper. Untuk itu, beri perhatian lebih pada bagian-bagian ini. Anda bisa menggunakan mesin vakum kecil untuk menggapai celah-celah kecil dalam koper, terutama bila baru melakukan perjalanan ke pantai.

Selanjutnya, oleskan pembersih khusus kain pada area lapisan yang kotor atau bernoda, lalu lap bersih dengan kain lembap. Jika menggunakan pembersih rumah tangga, pastikan untuk mengujinya di area kecil yang tidak mencolok terlebih dahulu. Hal ini penting dilakukan untuk memastikan bahwa bahan kimia di dalamnya tidak akan merusak bahan yang Anda coba bersihkan.

Untuk bagian luar koper, Anda dapat memulainya dengan mencabut stiker atau tanda pengaman lainnya dari permukaan koper. Setelah itu, Anda dapat membersihkan debu yang menempel dengan perlengkapan khusus. Jika berurusan dengan koper kain, Anda dapat menggunakan kain kering, sikat, dan spons untuk membersihkannya. Kalau kopernya berjenis hard shell, Anda dapat menggunakan lap lembap dan cairan pembersih yang sesuai. Sementara untuk koper dari kulit, gunakan pembersih kulit khusus dan kondisioner untuk mencegah kulit menjadi sangat kering. Gosok pembersih dengan lembut di area yang kotor. Setelah satu atau dua menit, bersihkan dan keringkan dengan diangin-anginkan.

Jangan lupa untuk membersihkan roda-rodanya dengan tisu basah. Jika sudah selesai, masukkan koper ke dalam dust cover-nya jika ada. Simpan koper di tempat yang tidak terlalu dingin maupun panas untuk mencengahnya cepat rusak. Koper juga bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan barang bila memerlukan tempat besar yang kosong.

  1. Tas Ransel Gunung

Membersihkan bagian-bagian yang kotor dengan pembersih ringan merupakan cara teraman untuk membersihkan ransel gunung. Namun ketika tas ransel sudah sangat kotor, Anda mungkin ingin membersihkan seluruh permukaannya dengan tangan. Cara yang disarankan adalah dengan merendamnya di bak besar berisi air dan sabun ringan, misalnya sabun bayi atau sabun khusus perlengkapan outdoor jika ada. Sambil direndam, gosok permukaan tas dengan tangan secara halus dan gunakan sikat nilon untuk membersihkan noda-nodanya. Setelah beberapa lama, ganti dengan air rendaman yang baru dan ulangi hingga bersih. Bilas dengan air bersih beberapa kali untuk memastikan semua sisa sabun terangkat.

Jangan gunakan mesin cuci ketika membersihkan tas ransel gunung. Mesin cuci bisa merusak lapisan pelindung pada tas dan menyebabkan robekan di sepanjang kainnya. Namun setiap ransel gunung memiliki kekuatan dan aturan pembersihan yang berbeda. Jadi untuk memastikannya, Anda dapat menghubungi pabrik atau melihat panduannya secara daring.

  1. Botol Sabun dari Hotel

Ketika menginap di hotel, kita sering membawa botol-botol sabun yang disediakan secara gratis. Entah itu sebagai kenang-kenangan, atau untuk digunakan kembali pada liburan selanjutnya. Jika lama tidak disentuh, botol-botol ini bisa menjadi kotor dan isinya mengering. Tapi Anda tidak perlu cepat-cepat membuangnya karena cara membersihkannya cukup mudah.

Pertama, jika botol ini masih baru dan isinya masih banyak, Anda dapat menuangkannya terlebih dahulu ke wadah lain. Selanjutnya, rendam botol-botol ini dalam air hangat bercampur sabun selama kurang lebih 15 menit. Campuran air dan sabun ini biasanya bisa mengangkat sisa-sisa kotoran yang melekat pada botol. Jika ada sisa produk dalam botol, masukkan sedikit air dan sabun lalu guncang-guncangkan hingga seluruh isinya keluar. Selanjutnya, Anda hanya perlu membilasnya dengan air mengalir, lalu membiarkannya kering.

  1. Tenda

Setelah digunakan untuk berkemah, selalu guncang-guncangkan tenda untuk membersihkannya dari daun, sisa-sisa tanah, dan kotoran lainnya. Jika ada area yang cukup kotor, gunakan handuk basah untuk mengelapnya hingga bersih. Jika tenda sudah terlalu kotor, Anda dapat menggunakan teknik yang mirip dengan yang digunakan pada ransel gunung. Rendam tenda dalam air dengan detergen sambil menggosoknya pelan. Ganti air sesuai keperluan, lalu bilas hingga bersih. Pastikan untuk menggunakan detergen khusus berkinerja tinggi untuk bahan anti-air. Setelahnya, gantungkan tenda dan biarkan angin mengeringkannya.

  1. Sepatu Gunung dan Sepatu Lari

Cara terbaik untuk membersihkan sepatu gunung dan sepatu lari adalah dengan memisahkan tali-temalinya, lalu gunakan sikat halus untuk membersihkan kotoran atau debu di permukaannya. Kemudian, gosok permukaannya dengan air hangat dan sabun berbahan ringan secara lembut. Bersihkan sisa-sisa sabun dengan air mengalir, lalu biarkan benar-benar kering sebelum menyimpannya kembali.

Anda juga bisa membersihkan bagian dalam sepatu dengan air hangat dan sabun. Tapi, pastikan untuk melepas alas dalam sepatu terlebih dahulu. Setelah kering, baru pasang kembali alas dalam ini agar sepatu tidak berbau dan cepat rusak. Jangan memasukkan sepatu gunung maupun sepatu lari ke dalam mesin cuci. Meski beberapa sepatu lari terasa ringan sehingga dianggap bisa dibersihkan dengan mesin cuci, sepatu-sepatu ini akan rusak karena teknik pembersihannya yang kasar.

Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here