Nikmati Pengalaman Terbaik di Airport Lounge dengan Cara Ini!

0
1099

Airport lounge bisa jadi tempat bersantai yang nyaman untuk menunggu jadwal keberangkatan pesawat. Tempatnya yang tenang memungkinkan Anda untuk beristirahat atau bahkan menyelesaikan beberapa pekerjaan terakhir sebelum penerbangan. Biasanya, ada makanan dan minuman yang juga dapat dinikmati di sini. Beberapa lounge yang sangat mewah bahkan memiliki fasilitas mirip spa.

Orang yang baru pertama kali merasakan fasilitas lounge mungkin akan merasa sedikit terintimidasi. Namun jangan khawatir. Dengan tip berikut, Anda akan tahu segala hal yang perlu dilakukan untuk mendapatkan pengalaman terbaik di airport lounge.

  1. Cari Informasi

Sebelum berangkat ke bandara, sebaiknya telah mencari informasi-informasi umum terkait layanan lounge. Beberapa informasi penting yang tidak boleh dilewatkan adalah soal lokasi dan jam operasional. Anda tentu tidak mau membuang-buang waktu mencari lokasi lounge dalam bandara yang luas hanya untuk menemukannya sedang tutup. Beberapa bandara juga memiliki banyak lounge berbeda yang bisa diakses sesuai tiket atau status Anda. Cari tahu mana lounge terbaik untuk dikunjungi selama menunggu di bandara.

  1. Datang Lebih Awal

Bila memiliki akses masuk ke lounge mewah, tidak ada salahnya untuk datang lebih awal ke bandara. Untuk penerbangan di pagi hari, mungkin berangkat di waktu subuh hanya untuk menikmati segelas koktail di lounge bukanlah pilihan terbaik. Namun bila memiliki penerbangan di jam-jam yang lebih manusiawi, Anda dapat mengatur jadwal agar bisa menikmati semua fasilitas yang ditawarkan lounge.

Check-in untuk penerbangan biasa dibuka tiga jam sebelum keberangkatan. Anda akan memerlukan waktu sekitar 30 menit untuk check-in, melewati keamanan, dan berjalan ke lounge. Bila berangkat tiga jam lebih awal, Anda akan memiliki waktu sekitar 90 menit di sana. Waktu ini cukup untuk menjelajahi lounge dan memanfaatkannya untuk bersantai. Datang ke lounge lima menit sebelum jadwal keberangkatan dengan hanya cukup waktu untuk menyantap sebuah roti, tidak akan menjadikan pengalaman ini menyenangkan.

  1. Jangan Memonopoli Tempat

Satu hal penting yang perlu diingat, bukan hanya Anda yang ingin menikmati lounge. Anda harus siap berbagi tempat dengan orang lain, terutama di lounge yang tidak begitu besar atau yang sangat populer. Berbagi sofa atau kursi panjang dengan orang yang tidak dikenal juga bukan merupakan hal yang aneh. Apalagi untuk tempat-tempat duduk dengam lokasi terbaik ke arah landasan pacu. Jangan simpan jaket dan tas hingga memenuhi seluruh kursi. Bila semua pengunjung melakukan hal ini, tentu tidak ada cukup ruang untuk menampung banyak orang. Anda tentu tidak mau jika kejadian ini menimpa Anda, bukan?

  1. Makan Secukupnya

Makanan dan minuman di lounge memang dapat dinikmati sepuasnya, tetapi jangan sampai kalap mengambil semuanya. Ambil makanan dan minuman secukupnya agar Anda bisa menikmati setiap suapannya dan tidak harus buru-buru menghabiskannya ketika jadwal keberangkatan sudah dekat. Bila tidak habis, makanan ini tentu akan terbuang sia-sia. Selain itu, terbang dengan perut yang terlalu penuh juga tidak nyaman. Anda akan kesulitan untuk tidur selama perjalanan. Bila terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol, Anda bahkan bisa tidak diperbolehkan untuk terbang.

  1. Perhatikan Waktu

Bersantai di lounge bisa membuat orang lupa waktu, bahkan melupakan jadwal penerbangannya hingga ketinggalan pesawat. Apalagi banyak lounge, terutama yang dijalankan oleh pihak ketiga secara independen, tidak mengumumkan jadwal keberangkatan. Untuk itu, Anda harus selalu memerhatikan waktu dan mengikuti update informasi penerbangan. Agar tidak lupa, Anda bisa memasang alarm pengingat di ponsel.

Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here