Mulai 7 Mei, AirAsia Indonesia Akan Kembali Beroperasi

0
1024

Setelah ditangguhkan selama kurang lebih satu bulan, AirAsia Group akan kembali melayani penerbangan untuk beberapa negara. Salah satunya adalah Indonesia yang dilayani oleh AirAsia Indonesia. Untuk AirAsia Indonesia sendiri, layanan penerbangan akan kembali beroperasi per 7 Mei 2020.

Untuk tahap awal pengoperasian, AirAsia hanya akan melayani rute domestik tertentu. Maskapai penerbangan ini akan terus memantau situasi terbaru terkait perkembangan kasus COVID-19, terutama dalam kaitannya dengan pembatasan perjalanan lintas negara. Bila kondisi telah memungkinkan, rute-rute penerbangan lainnya, termasuk rute internasional, secara bertahap akan kembali dioperasikan.

Presiden AirAsia Group Bo Lingam memastikan telah melakukan peninjauan menyeluruh terhadap prosedur penanganan tamu, baik di darat maupun di pesawat, sehubungan dengan pandemi COVID-19. AirAsia juga telah bekerja sama dengan otoritas bandara untuk memastikan bahwa ketersediaan semua tindakan pencegahan yang relevan untuk memastikan perjalanan yang aman, menyenangkan, dan nyaman bagi semua orang.

“Kami telah bekerja sama secara aktif dengan regulator, pemerintah daerah, penerbangan sipil, hingga otoritas kesehatan. Termasuk mematuhi panduan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) untuk memastikan terpenuhinya standar kepatuhan dan kesesuaian pada setiap penerbangan yang kami operasikan,” ujar Lingam dalam keterangan persnya.

Untuk memastikan kesehatan penumpang dalam penerbangan, setiap pesawat AirAsia juga akan melalui proses desinfeksi menyeluruh setiap kali selesai terbang. Di sisi lain, para tamu juga diimbau untuk menerapkan langkah-langkah pencegahan umum. Langkah-langkah ini termasuk di antaranya mengenakan masker, menjaga jarak, dan menjaga kebersihan diri.

Penerbangan domestik yang tersedia sudah bisa dipesan melalui situs web airasia.com atau melalui aplikasi mobile. Pemesanan tiket bisa menggunakan akun kredit yang didapatkan penumpang sebagai bentuk kompensasi AirAsia untuk penerbangan yang dibatalkan. Informasi lebih lanjut soal rute dan jadwal penerbangan tambahan akan diberitahukan dalam beberapa minggu ke depan, tergantung persetujuan dari pihak berwenang.

Selain AirAsia Indonesia yang akan kembali terbang, AirAsia Malaysia juga akan beroperasi per 29 April 2020. Sementara AirAsia Filipina dan AirAsia Thailand direncanakan kembali beroperasi pada 1 Mei 2020, namun keputusannya masih menunggu persetujuan pemerintah setempat. Hal yang sama juga terjadi pada AirAsia India yang diharapkan bisa kembali beroperasi pada 4 Mei 2020.

Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here