Hamparan Kebun Teh dari Wayang Windu Panenjoan, Makin Cantik Saat Sunset!

0
2776

Bandung memang tak pernah kekurangan tempat wisata alam. Terbaru, ada Wayang Windu Panenjoan di Pangalengan, Bandung Selatan. Destinasi wisata ini merupakan tempat terbaik untuk melihat keindahan perkebunan teh Pangalengan sambil menikmati pesona matahari terbenam.

Wayang Windu Panenjoan atau biasa disingkat WWP berada di tengah perkebunan teh pada ketinggian 1.800 meter di atas permukaan laut. Lokasinya di dataran tinggi Bandung membuat hawa di tempat ini cukup sejuk, bahkan di siang hari sekalipun.

Di WWP, wisatawan dapat melihat keindahan kebun teh dari atas jembatan sepanjang 100 meter. Sepanjang mata memandang, wisatawan akan disuguhkan dengan pesona kebun teh yang seakan tak berujung. Di waktu-waktu tertentu, kabut tipis akan turun menyelimuti perkebunan ini, membuatnya tampak lebih memesona. Sementara sebelum senja, wisatawan dapat menikmati pemandangan matahari terbenam yang diklaim merupakan salah satu yang terbaik di Bandung.

Instagram @tian_abdulhanip

Selain sebagai jalan mengitari perkebunan teh, jembatan yang terbuat dari kayu pohon pinus ini juga bisa dijadikan spot foto yang menarik di WWP. Jembatan yang memanjang ini tampak indah bersanding dengan pohon-pohon teh hijau segar. Bila berjalan lebih jauh menyusuri jembatan ini, wisatawan akan menemukan dek terbuka yang cukup luas. Dari dek ini, wisatawan bisa mendapatkan spot foto baru dengan latar belakang yang berbeda. Selain menyuguhkan pemandangan kebun teh, dari dek ini wisatawan juga bisa melihat hamparan sawah berundak-undak di belakangnya. Bila diperhatikan, dari kejauhan tampak pula kota kecil Pangalengan.

Di sekitar area perkebunan teh, wisatawan juga bisa menemukan spot-spot foto lainnya. Ada rumah-rumahan kayu kecil dengan atap segitiga yang bisa dijadikan tempat peristirahatan, lengkap dengan bantal-bantal empuk di dalamnya. Tidak jauh dari sana, ada pula menara tinggi yang terbuat dari kayu. Dari atas menara, wisatawan dapat melihat barisan rapi kebun teh dengan lebih jelas. Terlihat juga trek sepeda di sela-sela perkebunan teh dengan panjang hingga 15 kilometer.

Instagram @cepicahya

Wayang Windu Panenjoan ini memang merupakan perluasan dari Wayang Windu Bike Park yang sudah ada sebelumnya. Trek yang tersedia di sini memiliki tingkat kesulitan yang beragam, mulai dari tipe Cross Country (XC), All Mountain (AM), hingga Mini Down Hill (DH).

Wayang Windu Panenjoan terletak di Banjarsari, Kecamatan Pangalengan, Bandung. Destinasi wisata ini berjarak 56 kilometer dari pusat kota Bandung dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam 45 menit. Wisatawan dapat mengikuti arah ke Soreang lalu ke Jalan Raya Pangalengan untuk mencapai tempat wisata ini. Harga tiket masuk ke WWP sebesar Rp10.000, dengan harga parkir motor Rp3.000 dan mobil Rp5.000.

Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here