Lukisan Van Gogh Dicuri dari Museum di Belanda

0
1059

Baru-baru ini, sebuah museum kecil di Laren, Belanda, sekitar 33 kilometer dari Amsterdam, mengalami kejadian yang kurang menyenangkan. Museum bernama Singer Laren ini harus kehilangan salah satu koleksinya karena ulah pencuri. Tidak tanggung-tanggung, lukisan yang dicuri ini merupakan karya Vincent van Gogh berjudul The Parsonage Garden at Nuenen in Spring.

The Parsonage Garden at Nuenen in Spring

Pencurian ini terjadi tepat pada peringatan ulang tahun ke-167 sang maestro pada Senin, 30 Maret 2020 lalu. Polisi tiba di lokasi pukul 03:15 setelah mendengar alarm keamanan menyala. Pada saat mereka tiba, pencuri telah meninggalkan lokasi, hanya menyisakan pecahan pintu kaca dan dinding kosong tempat lukisan itu tadinya digantung. Dalam beberapa jam, polisi mengumumkan The Parsonage Garden at Nuenen in Spring resmi dicuri. Ketika ditanya apakah pencurian ini sengaja dilakukan bersamaan dengan peringatan ulang tahun Van Gogh, Direktur Singer Laren Museum Jan Rudolph de Lorm menyatakan hal ini kemungkinan besar hanya kebetulan semata. Si pencuri bahkan mungkin tidak tahu hari yang dipilihnya untuk melancarkan aksinya bertepatan dengan ulang tahun sang seniman.

Pencurian lukisan ini terjadi di tengah wabah corona yang membuat museum-museum di Eropa tutup untuk sementara waktu. Namun, sulit untuk menyalahkan virus corona atas lemahnya sistem keamanan museum. Dalam kesehariannya, museum ini memang tidak biasa menempatkan petugas keamanan untuk berjaga sepanjang malam. Singer Laren hanya mengandalkan alarm keamanan yang terhubung langsung ke kantor polisi setempat. Dalam waktu beberapa menit yang dibutuhkan polisi untuk tiba di lokasi, pencuri sudah bisa memaksa masuk, mengambil barang incarannya, dan meninggalkan lokasi.

Google Maps/Singer Laren

The Parsonage Garden at Nuenen in Spring merupakan karya awal Van Gogh sehingga tidak terlalu dikenal orang. Dalam lukisan ini, Van Gogh banyak menggunakan cat minyak berwarna gelap yang menjadi ciri khas karya-karya awalnya. Lukisan ini dibuat tahun 1884 ketika Van Gogh yang berumur 30 tahun kembali tinggal bersama orang tuanya di Nuenen. Kala itu, orang tua Van Gogh sendiri tidak yakin anak mereka bisa memiliki karir yang sukses sebagai seniman.

Lukisan The Parsonage Garden at Nuenen in Spring sejatinya merupakan koleksi milik Groninger Museum. Lukisan tersebut dipinjamkan ke Singer Laren untuk menjadi bagian dalam pameran Mirror of The Soul. Tadinya, pameran ini akan digelar pada Januari hingga Mei tahun ini. Namun wabah corona menyebabkan pameran ini harus ditutup lebih awal, tepatnya sejak 13 Maret 2020. Padahal, pameran ini cukup berhasil meningkatkan popularitas Singer Laren dengan mendatangkan lebih dari 5.000 pengunjung dalam seminggu. Singer Laren sendiri memutuskan untuk menutup pintunya hingga 1 Juni 2020. Belum diketahui apakah pameran Mirror of The Soul akan dilanjutkan setelah pandemi corona berakhir, kemungkinan tanpa karya Van Gogh yang menjadi daya tarik utamanya.

Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here