Unik, Pantai Ini Tampilkan Keindahan Jajaran Tebing Batu Eksotis

0
819

Begitu mendengar kata pantai, bayangan pertama yang muncul pasti berupa hamparan pasir dan gulungan ombak yang terus-menerus menyapu bibir pantai. Namun lain halnya dengan Pantai Kesirat yang berada di kawasan Gunungkidul. Tempat ini justru tidak bisa digunakan untuk berenang maupun bermain pasir. Sebagai gantinya, Pantai Kesirat punya pesona lain berupa jajaran tebing batu eksotis yang berbatasan langsung dengan lautan lepas. Berada di pantai ini seperti sedang berada di atas gunung dengan lembah yang berupa laut lepas.

Meski tidak memiliki hamparan pasir halus seperti pantai-pantai pada umumnya, banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pantai Kesirat. Bagi para pecinta foto, tebing-tebing batu di pantai ini bisa menjadi spot yang bagus untuk mendapatkan pemandangan laut cantik. Keberadaan pohon-pohon di tepi tebing juga ikut menambah keindahan foto-foto yang diambil di Pantai Kesirat. Beberapa pohon dengan jarak berdekatan juga bisa dijadikan tempat duduk sekaligus bingkai foto alami.

Di pantai ini, ada juga satu pohon yang bisa dikatakan sebagai ciri khas Pantai Kesirat. Berada di sisi tebing, pohon ini tumbuh menyamping dengan dahan-dahan pohon tepat membingkai laut biru di belakangnya. Bentuknya yang unik dan posisinya yang bagus menjadikannya objek foto populer di Pantai Kesirat. Saking populernya, pohon ini sampai diberi nama sendiri, yaitu Pohon Gebangkoro yang juga dikenal sebagai pohon abadi.

Jangan buru-buru meninggalkan Pantai Kesirat sebelum menikmati pemandangan matahari terbenam di sini. Dari atas tebing, pengunjung bisa melihat keindahan matahari yang perlahan-lahan tenggelam tanpa terhalang pepohonan tinggi. Sambil menikmati senja di Pantai Kesirat, pengunjung juga bisa ikut dalam aktivitas rock fishing alias memancing dari atas tebing batu. Bila beruntung, pengunjung bisa membawa pulang ikan-ikan yang cukup besar dari sini. Di waktu-waktu tertentu, pengunjung bisa menyaksikan aksi warga sekitar menangkap ikan dengan cara ngerendet, yaitu menebar jaring dari satu tebing ke tebing lain.

Selain sebagai spot foto dan tempat memancing, Pantai Kesirat juga dapat dijadikan tempat berkemah yang asyik. Hamparan rerumputan luas di atas tebing ini bisa menampung banyak pengunjung yang ingin bermalam. Jauh dari polusi udara, pengunjung dapat melihat taburan bintang di langit malam Pantai Kesirat. Deburan ombak yang terhempas ke tebing-tebing batu membuat pengalaman berkemah di sini terasa berbeda dan makin seru. Namun untuk berkemah di Pantai Kesirat, pengunjung harus membawa perlengkapan kemah sendiri karena tidak ada tempat penyewaan di sini. Selain itu, pastikan juga untuk membawa bekal yang cukup karena warung dan penjual makanan masih jarang di pantai ini.

Pantai Kesirat terletak di Karang, Girikarto, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Tiket masuk ke area Pantai Kesirat dibanderol dengan harga Rp 5.000. Biaya parkir motor sebesar Rp 2.000, sedangkan mobil sebesar Rp 5.000. Jarak dari pusat kota Yogyakarta ke Pantai Kesirat adalah 42 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam 15 menit.

Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here