4 Tempat Wisata yang Cocok Buat Detoks Digital

0
747

Tangan gatal kalau tidak pegang ponsel? Punya keinginan besar untuk terus membuka media sosial? Wah, jangan-jangan Anda sudah kecanduan ponsel dan membutuhkan detoks digital. Tenang saja, sudah ada beberapa tempat wisata menarik yang bisa membantu Anda mengatasi kecanduan ini. Yuk, lihat daftarnya!

  1. Isle of Man

Isle of Man merupakan sebuah pulau di Britania Raya yang terletak di tengah Laut Irlandia. Tempat ini terkenal sebagai tuan rumah penyelenggara kompetisi Manx Grand Prix, sebuah perlombaan motor yang sudah digelar sejak 1907. Dalam beberapa tahun terakhir, Isle of Man telah mengambil inisiatif untuk melarang penggunaan ponsel. Larangan ini efektif membuat para wisatawan terputus dari dunia digital dan lebih menghargai lingkungan dan kebersamaan sosial.

Untuk menerapkan larangan ini, Isle of Man sudah menyediakan kotak-kotak khusus yang diberi nama phoneboxes sebagai tempat penyimpanan ponsel dan perlengkapan digital lainnya selama berada di sini. Sebagai gantinya, wisatawan akan dibekali dengan peta kertas, buku panduan wisata, teropong, dan bahkan kamera film tradisional. Benda-benda ini akan sangat berguna dalam menjalani berbagai aktivitas di Isle of Man, seperti mengamati burung, hiking, menunggang kuda, dan berpartisipasi dalam berbagai olahraga air.

  1. Pulau Mumbo, Malawi

Jika ingin benar-benar bebas dari keinginan mengecek ponsel selama liburan, wisatawan bisa berkunjung ke Pulau Mumbo di perairan Taman Nasional Danau Malawi, Afrika Timur. Pulau terpencil ini memiliki jaringan telepon yang sangat terbatas, bahkan jaringan 3G pun susah didapatkan.

Daripada pusing mencari sinyal, lebih baik menghabiskan waktu dengan menikmati keindahan alam Pulau Mumbo. Pulau ini menawarkan kesunyian dan suasana yang tenang, cocok bagi mereka yang ingin terhubung kembali dengan alam. Dengan danau berair jernih dan beragam hewan-hewan liar yang memenuhi Pulau Mumbo, tidak perlu waktu lama bagi wisatawan untuk memilih meninggalkan ponselnya.

  1. Tagish Wilderness Lodge, Yukon

Bagian utara wilayah Yukon, Kanada, dipenuhi oleh pegunungan terjal dan dataran tinggi. Daerah ini sering dianggap sebagai wilayah yang tak tersentuh sehingga layanan Internetnya juga terbatas. Di Yukon, wisatawan bisa tinggal di kabin dalam hutan milik Tagish Wilderness Lodge. Kabin ini memang memiliki jaringan Internet, namun aktivitas alam selama di Yukon dipastikan akan bebas dari Internet.

Ada beragam aktivitas alam yang dapat dilakukan selama di Yukon. Pada musim dingin, wisatawan dapat mencoba memancing di atas es, mencoba dogsledding, menjelajahi pegunungan bersalju dengan snowmobile atau snowshoes, dan melihat aurora yang menakjubkan. Sementara di musim panas, ada kegiatan hiking, bermain kano dan kayak, memancing, dan mengamati hewan liar. Kegiatan-kegiatan ini pasti akan menyita seluruh perhatian wisatawan sehingga tidak lagi ingat untuk bermain ponsel.

  1. Hoanib Skeleton Coast, Namibia

Nama Hoanib Skeleton Coast mungkin terlihat sedikit mengintimidasi. Nama ini didapatkan dari banyaknya bangkai kapal di sepanjang garis pantainya. Namun di sini wisatawan bukan diajak untuk mengeksplorasi kapal-kapal ini, melainkan merasakan pengalaman berkemah dan bersafari di alam liar. Hoanib Skeleton Coast Camp menawarkan pengalaman autentik berpetualang di daerah Afrika yang terpencil, tanpa adanya koneksi Internet.

Wisatawan dapat berpartisipasi dalam perjalanan safari dan melihat bagaimana hewan-hewan liar berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. Selain itu, wisatawan juga berkesempatan untuk mendapatkan berbagai informasi langsung dari para peneliti di Hoanib Research Center. Bersama pemandu lokal, wisatawan juga bisa menemukan permata-permata tersembunyi di Hoanib Skeleton Coast. Misalnya saja, oasis di tengah padang gurun dan bukit-bukit pasir yang terbentuk alami berkat tiupan angin.

Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here