Setahun Sekali, Amsterdam Berubah Menjadi Lautan Oranye

0
711

Ada satu hari dalam setahun yang membuat kota Amsterdam dan Belanda secara keseluruhan serentak berwarna oranye, di mana warga Belanda tumpah ruah ke jalanan dan memenuhi kanal-kanalnya dengan jajaran kapal. Hari penuh sukacita itu bernama King’s Day, hari jadi sang raja yang dirayakan tiap 27 April.

Perayaan King’s Day adalah Hari Raja (Koningsday) yang merupakan tradisi tahunan yang sudah berlangsung sejak pertama kali diadakan pada 31 Agustus 1885, untuk menghormati kelahiran Ratu Wilhelmina. Dulunya disebut Queen’s Day atau Koninginnedag, perayaan ini berubah tanggal pada 1949, saat puteri Wilhelmina, Ratu Juliana naik tahta. Sejak itu, Queen’s Day dilangsungkan tiap 30 April, bahkan setelah Ratu Beatrix (puteri Ratu Juliana) memegang tampuk kepemimpinan, perayaan tetap berlangsung di hari terakhir April. Lalu pada 2014, saat Raja Willem-Alexander menjadi penguasa baru, perayaan berganti menjadi 27 April, sesuai hari ulang tahunnya.

Apa Saja yang Menarik?

Selain bersorak penuh sukacita diiringi musik, King’s Day identik dengan kehadiran Vrijmarkt, semacam pasar loak, di mana banyak warga lokal akan menjajakan aneka barang menarik, biasanya barang-barang bekas. Pedagang di Vrijmarkt akan memenuhi taman kota dan jalanan yang ramai dilewati partisipan King’s Day, sehingga menciptakan pasar loak terbesar di dunia. Selain itu, dapat ditemui pula kedai-kedai makanan yang tampak menarik, juga tawaran bir super murah yang hanya ditemukan di momen sekali setahun ini.

Kemeriahan King’s Day tidak hanya dinikmati orang dewasa saja. Mereka yang datang bersama buah hati dapat menikmati wahana permainan, olahraga, workshop seni, yang menjadi hiburan tersendiri bagi pengunjung anak. Selebrasi tidak hanya berlangsung di jalan dan taman kota yang menyebabkan macet berkepanjangan, kanal-kanal di Amsterdam juga dipadati ribuan kapal berdekorasi meriah, yang diisi warga lokal yang menari dan menyanyi, lengkap dengan kostum serba oranye. Inilah yang membuat banyak orang menyebut King’s Day dengan julukan Orange Madness.

Lokasi Terbaik

Seluruh Belanda merayakan King’s Day, tapi Amsterdam adalah tempat paling populer yang akan dipadati banyak orang. Selain banyak spot menarik yang tersedia, Amsterdam lebih mudah diakses bagi wisatawan yang datang dari luar Belanda. Jika ingin merasakan King’s Day di lokasi lain, ada beberapa kota yang masuk rekomendasi, antara lain:

  • Haarlem

Ibu kota Holland Utara yang namanya menjadi inspirasi nama pemukiman di Amerika Serikat ini dikemas dalam konsep pasar rakyat, pertunjukan musik dan DJ, serta kegiatan yang ramah bagi pengunjung anak. Konsep perayaannya setipe dengan yang di Amsterdam, tapi pengunjung akan lebih leluasa menikmati suasana karena tidak begitu dipadati orang.

  • Edam dan Volendam

Terletak berdekatan satu sama lain, dua desa di sini akan menampilkan permainan tradisional, pasar rakyat, juga berbagai perlombaan khas yang dapat diikuti siapa saja. Biasanya perayaan dilangsungkan dekat pusat komunitas De Opperdam.

  • Almere

Salah satu perayaan King’s Day terbesar di Amsterdam berlangsung di Almere, yang biasanya dihiasi panggung besar di Grote Markt dan dihibur musisi serta DJ ternama.┬áDi seluruh Almere Centrum, Buiten, Poort, dan Haven, jalanan akan dipenuhi deretan kios, riuhnya pertunjukan musik, dan antusiasme pengunjung yang bersukacita di hari libur nasional tersebut.

  • Den Haag

Aktivitas sarat tradisi lokal mewarnai King’s Day di Den Haag. Misalnya saja pengunjung dapat mengikuti wisata bersejarah dengan trem, naik perahu, atau menjelajah pasar loak. Perayaan King’s Day di Den Haag juga dikenal dengan selebrasi King’s Night, merupakan salah satu perayaan terbesar di Belanda yang menghadirkan sembilan panggung yang dibangun di pusat kota dan mengubahnya menjadi area festival yang semarak dengan artis dan musisi lokal juga internasional.

Tip Merayakan King’s Day

Saat perayaan King’s Day berlangsung, sebagian besar museum dan tempat wisata di Amsterdam ditutup. Namun beberapa atraksi populer seperti Anne Frank House, Museum Van Gogh, Museum Stedelijk, dan Rijksmuseum tetap beroperasi, tapi pastikan untuk mengeceknya jadwalnya sebelum kedatangan. Untuk memantau informasi pesta dan acara-acara menarik saat King’s Day atau jika ingin mengetahui lokasi toilet terdekat, pejalan dapat mengunduh aplikasi King’s Day by Woov di App Store dan Google Play.

Teks: Priscilla Picauly

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here