Tak Cuma Yogyakarta, Tana Toraja Juga Punya Gumuk Pasir Eksotis

0
1186
Instagram @christinetadale

Pesona Tana Toraja telah dikenal banyak orang di seluruh dunia, mulai dari keindahan alamnya hingga kekayaan budayanya. Meski telah menjadi destinasi wisata populer, Tana Toraja masih menyimpan harta karun tersembunyi dalam keindahan alamnya. Salah satunya adalah Gumuk Pasir Sumalu di Kabupaten Toraja Utara. Hanya menunggu waktu hingga keindahan bukit pasir ini diekspos di media sosial oleh para pecinta fotografi.

Berbeda dari Gumuk Pasir Parangkusumo di Yogyakarta dengan hamparan pasir yang landai, Gumuk Pasir Sumalu memiliki kontur tanah yang berbukit-bukit. Bukit pasir ini juga memiliki struktur yang lebih padat sehingga mudah untuk dinaiki dan dijelajahi.

Instagram @achmadhy_

Gumuk Pasir Sumalu terbentuk secara alami dari tiupan angin yang membawa butir-butir pasir hingga bertumpuk menjadi sebuah gumuk. Arah angin yang tidak beraturan menghiasi gumuk ini dengan liuk-liuk yang cantik dan artistik. Bukan hanya bentuknya yang unik, warna pasir yang membentuk gumuk ini juga memiliki pesonanya tersendiri. Wisatawan dapat melihat gradasi warna pasir mulai dari abu kehitaman, abu muda, hingga warna merah kecokelatan.

Wisatawan bisa menemukan banyak spot bagus untuk berfoto di Gumuk Pasir Sumalu. Ada banyak lekukan dan celah-celah yang bisa dijadikan objek foto. Bahkan, berdiri di tengah-tengah bukit pasir dengan ketinggian yang berbeda-beda ini juga sudah bisa menghasilkan foto yang cantik. Selain memanfaatkan keindahan gumuk ini untuk berfoto, wisatawan juga bisa mencoba berseluncur menuruni bukit pasir dengan menggunakan papan. Supaya tetap aman ketika bermain seluncuran pasir, pastikan untuk memilih bukit yang landai. Beberapa bukit di Gumuk Pasir Sumalu memiliki tingkat kemiringan yang curam sehingga dapat membahayakan bila dipakai berseluncur.

Instagram @edwardramly13

Lokasi Gumuk Pasir Sumalu juga sangat cocok digunakan sebagai tempat menikmati matahari terbit dan terbenam. Sambil duduk-duduk santai di bukit pasir, wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan cahaya matahari yang menyelinap dari balik hamparan bukit yang luas. Hawa di area gumuk pasir juga cukup sejuk karena ada banyaknya pepohonan rindang di sekelilingnya. Wisatawan dapat lama bersantai dan bermain di Gumuk Pasir Sumalu tanpa merasa kepanasan.

Gumuk Pasir Sumalu terletak di Rantebua Sumalu, Rantebua, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan. Untuk mencapai lokasi ini, wisatawan yang berangkat dari Jakarta harus terbang dahulu ke Makassar. Maskapai yang melayani penerbangan nontstop Jakarta-Makassar antara lain Lion Air, Batik AirCitilink, dan Sriwijaya Air dengan durasi 2 jam 20 menit.

Dari Makassar, lanjutkan penerbangan ke Bandara Lagaligo di Palopo dengan Wings Air selama 50 menit. Setibanya, Gumuk Pasir Sumalu dapat diakses dengan berkendara selama hampir dua jam.

Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here