Pelesir ke Awera, Bagai Pulau Milik Pribadi

0
880
Awera Resort

Bagi yang mencari ketenangan dan pemandangan alam indah untuk destinasi liburan berikutnya, Pulau Awera di Sumatera Barat bisa menjadi pilihan. Menawarkan hamparan pantai berpasir putih dan perairan pirus di sekelilingnya, pulau ini masih relatif sepi pengunjung sehingga suasananya pun tenang.

Begitu menginjakkan kaki di Pulau Awera, pengunjung dapat melihat deretan pohon kelapa dan tanaman lainnya di tepi pantai. Warna hijau dari pepohonan yang memadati area pantai terlihat cantik berpadu dengan birunya air laut. Ombak di perairan pun tak terlalu besar, sehingga cocok untuk berenang santai maupun bermain air. Saking jernihnya, saat berenang pun Anda dapat menikmati keindahan terumbu karang di dasar laut.

Instagram @jannerobinson

Bila sudah lelah bermain air di laut, wisatawan dapat berjemur di hamparan pasir yang lembut sambil menikmati suara deburan ombak. Berada di Pulau Awera dengan suasananya yang begitu tenang memang benar-benar seperti sedang berada di pulau pribadi.

Bagi yang ingin menjelajahi keindahan Pulau Awera lebih jauh lagi, wisatawan juga bisa menyewa perahu kayu atau perahu mesin untuk mengelilingi lautan. Ada beberapa bagian di Pulau Awera yang memiliki ombak cukup besar. Area ini biasa digunakan untuk berselancar karena gulungan ombaknya yang besar dan tidak cepat pecah. Ketika hari mulai sore, wisatawan bisa bergabung dengan warga setempat untuk memancing di kolam-kolam yang terbentuk di sisi pantai sembari menunggu matahari terbenam.

Saat ini, satu-satunya resor yang ada di Pulau Awera adalah Awera Resort dengan vila-vila kayu yang terdiri dua pilihan, yakni privat untuk pasangan maupun keluarga yang dapat menampung hingga 16 orang. Menginap di sini sudah termasuk transportasi dengan kapal cepat dari Dermaga Tuapejat ke resor maupun sebaliknya, akomodasi ber-AC, makan tiga kali sehari, kudapan sepanjang hari, minuman soda dan non-alkohol, sewa kapal ke berbagai titik selancar, penggunaan fasilitas bermain dan relaksasi lainnya, kelas yoga dua kali sehari, penggunaan peralatan snorkeling dan stand up paddling, serta akses Wi-Fi. Opsi lainnya adalah menginap di Pulau Sipura yang sudah lebih terkenal dan memiliki banyak penginapan.

Pulau Awera bisa diakses dengan naik kapal cepat dari Dermaga Tuapejat yang terletak di Pulau Sipura dengan waktu tempuh sekitar 10 menit. Bila berangkat dari Padang, wisatawan bisa naik KML Ambu Ambu dan KMP Gambol dengan pemberangkatan dari Pelabuhan Penyeberangan Teluk Bungus dan waktu tempuh 10-12 jam. Bila ingin menyeberang lebih cepat, wisatawan bisa menggunakan kapal cepat dari Pelabuhan Muaro dengan waktu tempuh 3-4 jam dan tarif mulai Rp 295.000.

Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here