Pernah Jadi Lokasi Syuting “Game of Thrones”, Desa Benteng di Maroko Ini Patut Dikunjungi

0
975

Jutaan orang di seluruh dunia mungkin telah melihat benteng gurun megah di serial fantasi Game of Thrones (GOT), tetapi tak banyak yang tahu kalau mereka dapat mengunjungi lokasi tersebut di kehidupan nyata.

Terletak di kaki pegunungan Atlas, Desa Ait-Ben-Haddou di Maroko tak hanya memikat penonton serial HBO tersebut, namun juga menjadi latar bagi film kolosal Gladiator (2000) karya sutradara Ridley Scott.

Namun, tak seperti lokasi syuting film dan serial televisi terkenal lainnya, Situs Warisan Dunia UNESCO ini sampai sekarang masih tak tersentuh pariwisata.

“Sejumlah orang datang kemari untuk melihat lokasi syuting Game of Thrones,” kata Ahmed Baabouz, seorang pemandu wisata lokal. Menurutnya, promosi pariwisata Ait-Ben-Haddou bisa memanfaatkan popularitas serial televisi tersebut, namun sayangnya sejauh ini belum dikembangkan.

Terletak sekitar 30 kilometer dari kota Ouarzazate, Ait-Ben-Haddou adalah benteng paling terkenal di selatan Maroko. Setelah melewati jalan masuk yang mengesankan, pengunjung akan melalui gang-gang yang berliku hingga tiba di alun-alun tempat para penghuni pemukiman dahulu berkumpul. Situs lainnya yang menarik adalah sebuah masjid dan dua kuburan, satu untuk Muslim dan satu untuk Yahudi. Penduduknya sendiri sebagian besar telah lama meninggalkan tempat ini, dengan beberapa rumah telah berubah fungsi menjadi kios-kios yang menjual kerajinan tangan.

Benteng ini sendiri merupakan lokasi syuting film yang ideal, karena terletak tidak jauh dari Atlas Film Studios, studio film terbesar di dunia. Banyak film yang diproduksi di sini, mulai dari Lawrence of Arabia (1962) hingga The Mummy (1999), selain tentu saja serial Game of Thrones yang telah mendunia. Namun sayangnya, tak ada papan penunjuk atau bentuk promosi pariwisata apa pun yang mengindikasikan kalau Game of Thrones pernah difilmkan di sini.

Tak hanya Ait-Ben-Haddou, kota pelabuhan Essaouira di pesisir Atlantik Maroko juga merupakan latar bagi Game of Thrones. Namun di sana pelaku pariwisata juga belum memanfaatkan popularitas serial tersebut untuk mendongkrak kunjungan wisatawan.

Padahal, tempat-tempat syuting Game of Thrones lainnya, seperti Irlandia Utara, Malta, dan Dubrovnik di Kroasia, telah menarik penggemar serial tersebut dari seluruh dunia yang ingin melihat langsung lokasi pengambilan gambarnya di dunia nyata.

Saat ini, Baabouz dan sejumlah pemuda lainnya di desa tersebut tengah mengumpulkan sumber daya mereka yang terbatas untuk proyek ambisius, yakni mendirikan sebuah museum yang menampilkan berbagai foto dari film-film terkenal yang lokasi pengambilan gambarnya di Ait-Ben-Haddou. Siapa tahu, lain kali turis datang ke Maroko, mereka dapat menyempatkan diri untuk mampir ke desa benteng tersebut dan turut membantu mempopulerkannya.

Teks: Melinda Yuliani | Sumber: AFP

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here